Tulisan Bertema Motor Yang Saya Impikan…

Image courtesy of gfitz36

Sejak kecil, hobi paling favorit saya adalah membaca. Dari buku dongeng rakyat di perpustakaan sampai stensilan yang kakak saya sembunyikan dibawah kasur, semua saya sikat. Sayangnya, buku pelajaran (terutama matematika) kurang saya gemari. Kebanyakan angka soalnya.

Kenapa saya suka baca? Mungkin karena saya orangnya kuper. Culun. Kurang trendy. Buktinya saya tidak punya akun Path (meski alasan sebenarnya karena tidak punya gadget), Instagram sepi follower & likes (karena tidak diurus & koneksi di desa saya pas-pasan), setiap upload status & foto di Facebook juga yang komen & like tidak sebanyak teman-teman lainnya (karena…Entahlah, tidak kontroversial & trendy mungkin.)

Image courtesy of Tony Alter

Dan, dari buku, literatur, esai & majalah, saya bisa menemukan “dunia” baru, melebihi dari menonton film atau bermain game. Perasaan saya bisa terombang-ambing, logika & imajinasi saya bisa terbang kemana-mana. Membuat saya sering kagum & berpikir :

“Gelo euy, dari untaian kata & kalimat bisa bikin saya mabuk gini”

Beberapa contoh tulisan yang bikin saya kagum, misalnya esai “Songs of Sausage Creature” dari Hunter S. Thompson. Sinting memang Alm. Raoul Duke, menyadarkan saya bahwa terkadang hal-hal irasional yang membuat saya menyukai dunia motor, yang tidak hanya berdasarkan angka-angka, namun juga perasaan & cinta…

Begitu pula dengan kisah-kisah garang & melankolis dari Peter Egan. Atau, esai dunia balap dari Mat Oxley yang informatif, begitu pula tulisan-tulisan jenaka namun membekas dari John Burns (anehnya, rata-rata penulis ini ada di majalah Cycle World), semuanya punya “rasa” tersendiri dalam tulisannya.

Image courtesy of Gil Shindler

Intinya, saya suka membaca yang bisa membawa pembacanya masuk ke “dunia” si penulis. Tidak semua orang bisa menulis sedalam itu, dan tidak semua orang juga mau menjelajah dunia yang tercipta dari tulisan…Apalagi, memang minat baca orang Indonesia terkenal rendah. Makan aja susah, apalagi menyempatkan untuk membaca? Baca aja males, apalagi terpikir untuk menulis?

Karena itu, kebanyakan saya membaca hasil karya dari penulis interlokal, terutama dengan tema motor. Bukan mengenyampingkan bikinan orang Indonesia, namun nafsu membaca saya yang pol-polan membuat saya mencari yang “lebih“, tidak hanya cukup dari majalah-majalah cetakan Otomotif group.

Untungnya, ada platform bernama “blog” yang melahirkan banyak penulis berbakat dari Indonesia, tanpa perlu menggunakan media cetak seperti buku & majalah yang aturannya lebih ketat. Ketik-edit-publish, selesai. Menawarkan tulisan yang bisa lebih ekspresif, bebas & dapat lahir dari siapa saja.

Tentunya saya senang, karena makin banyak sumber bacaan dengan tema motor yang bisa saya lumat. Gratisan pula, tinggal modal internet (meski harus sabar & usaha, maklum desa saya hanya mampu suplai sinyal maksimal…GPRS)

Image courtesy of Iain Farrell

Sayangnya, meski belakangan ini banyak bener blogger R2 di Indonesia, gak semuanya menawarkan “perasaan” yang sama saat saya membaca hasil karya penulis idola saya…

Ada yang judulnya sudah mengundang selera, pas dibuka, bah, kena jebakan betmen, tulisannya rupanya brosur-style. Sesak dengan angka-angka, komparasi, terkesan korporat, gak ada bedanya ama buku matematika yang saya tidak sukai…

Ada yang topiknya terdengar menggelegar, sayang karena penggunaan kata & kalimatnya kurang menyihir dan menjiwai topik tulisannya, jadi terkesan nanggung. Sekedar tulis. Padahal, ditangan penulis yang “beracun“, topik simpel & keseharian seperti misalnya, tukang tambal ban, bisa dikemas dengan filosofi, pelajaran hidup atau sesuatu yang mencerahkan pembacanya.

Image courtesy of Bart Hulzinga

Jangan tanya soal layout atau pemilihan tema. Banyak yang persis plek satu sama lain. Saya rasa selera akan estetika semua individu itu unik & berbeda-beda, kenapa harus sama? Tema R, iklan bejibun dikiri, link gak jelas di kanan, imej header seadanya. Mirip kamar kost. Persis baik ukuran & isinya dari awal sampai ujung, cuman beda penghuninya saja…

Padahal saya rasa bukan tidak mungkin para blogger ini mampu menyihir pembacanya seperti mereka (para penulis & jurnalis yang saya sukai). Banyak penulis hebat lahir dari Indonesia, seperti Armijn Pane, Gerson Poyk, Eny Arrow (errr, setidaknya dia bisa menyihir nafsu adolescent saya…) yang dikagumi oleh dunia, bukan tidak mungkin ada penulis dunia dengan tema motor yang sama hebatnya bukan?

Motor impor juga banyak disini (dan motor-motor lokal juga gak kalah keren!), jalanan & alam juga (menurut saya) lebih galak disini, dan dunianya juga juga sama menariknya seperti diluar, baik soal subkultur kustomisasi sampai budaya pengendara motor Indonesia yang sama menariknya seperti diluar.

Image courtesy of Cool Mcflash

Mungkin, karena banyak blogger yang tidak begitu mendalami dunia tulis-menulis seperti para penulis yang saya sebutkan diatas, seperti Gerson Poyk yang menjadi jurnalis karena terpikat akan pengaruh & pesona dunia tulis-menulis, baik membuka wawasan, jiwa nasionalis & pelajaran hidup.

Entahlah, saya hanya bisa berharap, akan lahir para penulis yang mengandalkan platform blog (atau apapun itu nanti namanya) yang menawarkan sebuah tulisan yang “bernyawa“, yang menawarkan kepada pembacanya untuk masuk kedalam dunia yang ditulis oleh kreatornya, dan kembali dengan membawa sebuah pengalaman & pelajaran yang berharga bagi pembacanya…

Seperti judul sebuah buku keren yang pernah saya baca; “Indonesia Punya Cerita“, bukan tidak mungkin kisah-kisah dunia motor Indonesia dapat disajikan dengan menarik oleh blogger R2 Indonesia, yang tidak hanya memikat para pembaca dari Indonesia seperti saya, namun juga luar negeri…

Itulah tulisan bertema motor yang saya impikan…Bagaimana dengan anda, para pembaca?

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

21 responses to “Tulisan Bertema Motor Yang Saya Impikan…

  1. Kepengen nulis, tapi blognya kagak ada…😦

  2. gosh. how I miss this cheeky blog posts..

  3. rey, serius, gw pengen bisa nulis kayak gini!!
    gimme some advice, please!

  4. karismanis

    motivasi mana yang kita pakai ummmh…

  5. Kesentil euy😦. Padahal dah pernah ikut seminar jurnalistik waktu itu,cuma tulisan di blog masih seada adanya😦. hehhhe salam kenal bro😀

  6. saya suka…… saya suka…. saya suka …..

  7. duh referensinya interlokal kabeh…kolo lokalan adakah masbro??

  8. artikelnya mantap gan ulasannya ngalahin bloger profesional😆

    http://indramayu-otomotif.com/

  9. udah numb sama blog lokal yang isinya cuman iklan Rey, kalo pengen tau motor baru ya akupun kesana, tapi ya cuma sekedar itu. Lihat-baca-buang, dilihat lagi udah basi. Ga everlasting, tapi kayanya emang itu karakter yang disukai industri otomotif lokal, jadi bahan promosi mereka.

    *padahal mereka ga tau, kalo romansa motor jadul nan melegenda bisa bikin brand image mereka mentereng. Boasting aja soal kenangan Shogun 110 rodres dulu, sambil ngenalin Shogun baru misalnya, manusia kan senang dengan asosiasi asosiasi sentimentil begitu ahahaha…….

  10. tulisan berusia 3,5 bulan yang baru sempat baca sekarang..

    menyentil.. menohok.. tapi yang ada begitulah.. kontennya hampir sama cuma dengan sedikit ubahan.. miris memang baca judul yang pemilihan kata-katanya melebihi diksi para penyair tapi pas baca isinya seperti jawaban ujian buku terbuka dan gambarnya seperti logo instansi, dimana-mana sama.. populer sekarang, seminggu lagi entahlah.. ya itulah kalo yang dikejar kemenangan sesaat.. padahal tulisan yang tak lekang oleh waktu memang tak terlihat booming pembacanya, tapi bakalan selalu ada dan akan selalu membawanya kembali..🙂

    bukan merasa suci, yakin blogku masih sangat banyak kurangnya, sampai sekarang dan semoga nanti tetep selalu belajar merangkai kata berdasarkan pengalaman yang ada..

  11. wew… masih hidup ternyata blog ini heheheh……

    nampaknya blog ini bisa kali di bikin buku Han..:D

Komentar? Caci-Maki? Curhat? Iklan? Titip Link? Tulis Aje!

