Saya Dan Tamburini…

Cagiva-Mito-Black-segawonracingteam.wordpress.com

Selama saya kuliah Desain Interior (yang cukup berantakan, thanks to my laziness), ada satu ilmu yang, bisa jadi menjadi pusat perhatian saya selama 4 tahun terakhir : Desain yang berkarakter.

Dan tulisan ini, saya ketik (dengan sembarangan) untuk seorang desainer, yang saya yakin, memiliki karakter desain terkuat dalam motor. Il Maestro, Massimo Tamburini.

Ducati-916-segawonracingteam.wordpress.com

“I was born with this great passion. I remember when I was a little boy, my mother always complained about the obsession which was in my blood with bikes, which continued and grew with time.”
-Massimo Tamburini-

Desain yang berkarakter…Dimana kita bisa melihat & merasakannya? Mungkin anda pernah melihat sebuah produk, ambil contoh Ducati 916 yang lahir pada tahun 1994 diatas, coba pandangi. Cermati detail-detailnya, gunakan persepsi anda…

MV-Agusta-F4-RR-segawonracingteam.wordpress.com

Lalu bandingkan dengan MV Agusta F4 RR terbaru (2014). Gap usia 20 tahun, tapi kita bisa merasakan garis-garis desain yang sama, simbol-simbol yang menggambarkan bahwa desainer motor ini egois, tidak ingin disamakan dengan motor konvensional. Ya, spesial.

Desain dua motor itu lahir dari pena seorang yang sama, Tamburini.

Ducati 996 SP segawonracingteam.wordpress.com

Saya pertama kali merasakan desain Tamburini 16 tahun yang lalu. Ya, saya masih ingat, Ducati 996R milik teman bapak saya. Untuk seorang bocah berusia 6 tahun yang sehari-hari hanya ingat motor itu RX-King, Tiger dan Astrea Grand…Speechless, ya, seorang bocah bisa tertegun karena motor.

Ducati 996R segawonracingteam.wordpress.com

Entah, padahal 996R itu diam tidak bergerak. Tidak ada geraman mesin Testastretta berkapasitas 998cc yang merotasi velg Marchesini akibat akselerasi yang kejam. Sunyi. Tapi saya bisa merasakan sensasi kecepatan. Dan anehnya, kedamaian. Ah, kenaifan pikiran seorang bocah…

Ducati 996R Yellow segawonracingteam.wordpress.com

“The details are not the details. They make the design.”
-Charles Eames-

Semakin saya pintar membaca dan menghabiskan waktu mengkhayal didepan majalah-majalah motor luar negeri, semakin tenggelam pula saya akan desain-desain Tamburini dan Cagiva Research Centre lainnya, terutama akan detail-detail dramatisnya. Knalpot undertail, single-sided arm, material eksotis…Whoa…

MV Agusta Brutale-segawonracingteam.wordpress.com

Saya ingat akan diskusi awal (baca : gerbang akan bullying) dengan Dhey, soal motor sebagai seni. Nama yang pertama muncul di pikiran saya akan seni & motor? Bukan Deus Bali, namun pahlawan saya, Tamburini.

MV-Agusta-Brutale-segawonracingteam.wordpress.com

The man said himself;

“Form or function, the two cannot be separated. A well-designed piece which is nice to look at must also surely be functional. The two things can and must exist together.”

MV-Agusta-F4-segawonracingteam.wordpress.com

Ya, desain-desain Tamburini bukan yang paling nyaman dikendarai. Tangki yang aneh. Posisi badan yang memaksa kita menjadi Quasimodo dari The Hunchback of Notre Dame. Tapi anehnya, saat melaju, it works. Sinergis.

MV-Agusta-Brutale-segawonracingteam.wordpress.com

Kemarin, lebih tepatnya 5 April 5 2014, Tamburini akhirnya meninggalkan kita semua. Kanker paru-paru, usia yang senja, anda bisa cari info lebih jelas dalam obituari di media-media lain. Anehnya, sekalipun sedih, saya tidak merasa kehilangan akan sosok Tamburini…

Ducati 748 Senna segawonracingteam.wordpress.com

“Any time when I finish a project, I ask myself-how can I top this? However, every day, every month, after a year, life teaches new things, new experiences. Strangely, there’s always something new that exceeds what was done before. This is part of life.”

Mungkin saya tidak akan pernah bisa menjadi pemilik salah satu karya Tamburini (well, mungkin Mito 125). Tapi saya beruntung, menjadi satu dari jutaan orang lain yang tidak hanya mengagumi, namun juga terinspirasi akan mahakarya seorang desainer yang…

MV-Agusta-F4-Tamburini-segawonracingteam.wordpress.com

…Tidak hanya memiliki karakter akan desain-desainnya, namun juga memahat dan memberikan karakter akan desain-desainnya. Ketika motor menjadi sebuah kanvas akan perasaan akan desainernya, itulah karakter Tamburini.

Godspeed il genio della motocicletta, thank you for your spectacular masterpiece.

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

19 responses to “Saya Dan Tamburini…

  1. sangat berkarakter… arm 1 sisi, knalpot undertail meliuk liuk, single seater… jhan bikin adem apa lagi mv agusta brutalle😯

  2. NIce post..

    That’s why Mito 125 vs RS 125 Extrema, harga bekasnya kayak langit dan bumi. it’s about art😈

  3. nampaknya sudah pernah berjumpa dengan 916 itu, bengis dan aneh, namun mudah diingat dengan lekuk yang memang aneh tapi nyata, mungkin disebut berkaratket, setelah baca blognya suhu shougun ini, baru tahu siapa pembuatnya, mantabh

  4. 916 itu motor paling keren menurut ane… desain yang boleh dibilang dluar biasanya pada jamannya…. tahun sgtu motor2 masih aneh2. klo ga lampu bulet. bulet dua. kotak gede. tapi 916 lahir dengan desain yg cantik… jujur terpesona apalagi yang merahnya…

    • Benar sekali, breakthrough sekali memang 916, mungkin sama menggemparkannya seperti original Katana dan V-Max…

      Semoga Adrian Morton & Gianandrea Fabbro bisa melanjutkan tongkat baton Tamburini akan desain motor🙂

  5. Desain yang boleh dibilang agresif, tapi gak norak. Juga panjang umur…

  6. 916 dan mito 125, mungkin 2 motor yang bakalan nancep trus di kepala, pertama kali liat di tabloid nasional jaman jaya2nya carl fogarty di WSBK hehehehe…😀

    eksotis, simpel dan bengis…🙂

  7. athar

    Pertama lihat 916, di Film Hollywood. FLED.
    ckckckck….bener2 terkesan….sampe sekarang…

  8. Out of the box, menginspirasi pabrikan lain

  9. blizzard

    saya ingat pertama kali mengagumi karya tamburini. yaitu sang mini 916 (mito 125).
    dilahirkan dikota kecil, dan jarang melihat motor eropa (kecuali vespa :p)
    suatu ketika disebuah bengkel, saya melihat sosok motor sport yg tak lazim, tapi sangat menarik hati.
    dan saya paham rasanya jatuh cinta, sebelum saya pernah jatuh cinta pada wanita manapun.

Komentar? Caci-Maki? Curhat? Iklan? Titip Link? Tulis Aje!

