There’s something about “Cool” word. Apa definisi anda akan motor cool (bukan RK Cool ye), keren & enak dipandang? Modif? Motor “Laki“? Drag-Look? Road-Race look? JDM salah kaprah? Well, banyak emang definisinya. Itu karena kita diberi selera berbeda-beda oleh sang Pencipta. Okay, bagaimana kalau kita mengenal sebuah motor keren yang sedikit aneh, karena…Standar?
Mengapa aye bilang nih motor keren? Diawali dari tipe motornya. The legendary Suzuki New Shogun FD110, sebuah motor penerus legenda “Kebo” yang terkenal teror jalanan & sirkuit. Gak tau legenda ini? Tanya pada bengkel langganan anda, dan dijamin kaget kalo motor 110cc punya daya hancur yang gak kalah kejam dibanding RX-King misalnya…
Motor cetakan tahun 2001 ini sendiri milik salah satu blogger R2 independen dari Bandung, motorsayatromol. Sebuah motor yang sangat spesial dihatinya, karena memiliki sejarah yang udah sangat berkarat dengan indah dalam kehidupannya. Motor spesial & kedekatan emosional? That’s rare in this modern & consumerism world, right brah?
Hey, it’s drum brake! Yup. Kapan lagi anda lihat motor dengan rem tromol didepan? That’s why he called Motorsayatromol, and he called his bike “Motor Drum Brek Sayah“. Kuatkah rem teknologi zaman kuda ini menahan gempuran tenaga mesin overbore beringasnya? Kita lanjut nanti…
FD110 sendiri dikenal memakai transmisi model matahari, dengan per diagfragma. Ah, aye kurang hapal kelebihannya, kalo gak salah lebih simpel, kompak & hemat gesekan, cuman sering slip kalo digeber di rpm tinggi. No prob, this thing still knock your 150cc cub ass, in the most humiliating ways : Getting fucked by old, drum brake system bike.
Meski punya kapabilitas, ownernya ini bukan speed lovers kok. Dia hanya seorang penyuka motor, bikers yang terus belajar, dan gak segan memakai motornya. Hujan – Panas – Siang – Malam, motor tercintanya terus dipakai. Kelihatan busuk ye, looks rat-rod ye? Fuck your “Purist” way, bagi aye motor sejati itu motor yang disiksa dengan kasih sayang oleh pemiliknya, bukan disayang-sayang dengan paranoid seperti orang lain.
And…Well, yeah. An ugly exhaust. Tidak ada aksen krom, bentuk futuristik & ukuran eksentrik. Hanya sebuah knalpot yang sudah dibobok 1 dari 3 sekat didalamnya. Yah, setidaknya suaranya 50000x lebih enak didengar dibanding knalpot “resing” masa kini. A masculine sound, yang udah aye denger. Ayo brah, beli lagi tutupnya, biar bisa ngaca di knalpotnya!
Berapa topspeed motor ini? Kalau berani menggebernya, angka 120km/h bisa ditunjukan di speedometer VDO Dayton simpelnya. Hah, tidak usah kencang-kencang kok, cukup dengan sekali tarik throttle, mungkin akan makin banyak objek hilang dalam spion SGP FL125-nya.
Apakah anda sudah menganggap motor standar ini “cool“? Mungkin belon tentu kali ye. Susah emang mengganti opini & selera orang. Yah, whatever…In my book, this bike still one of the coolest bike in Indonesia. Bicara soal tromol, sang owner punya proyek mengganti rem depannya menjadi cakram. Bukankah nanti namanya berubah? Dunno, but…
…Apapun namanya, memori Motorsayatromol & Shogun 110 kesayangannya yang anda bisa lihat kisahnya disini, tetap tidak akan memudar. Ketika manusia & motornya memiliki kesatuan, suatu hubungan emosional yang spesial, tidak ada yang dapat memisahkannya.
A harmony, an unity, a love, a passion. That’s magic of own & ride a bike.
Peace out brah.
Spec Sheets :
Make Model : Suzuki New Shogun 110
Year Manufactured : 2001
Chassis Name : FD XD
Nickname : MDBS
Engine : Air-cooled, single cylinder, SOHC
Capacity : 109cc
Ignition / Starting : KGD SGP, Electric
Carburetor : Mikuni VM17
Transmission / Drive : 4-Speed Diaphragm Clutch System
Spark Plugs & Electric : NGK C6HS
Engine Lubricant : Pertamina Enduro 4T 20W-50
jossssssssssssss…………….
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/30/jangan-berniat-membuatku-jatuh-cinta-jika-kau-tak-berniat-mencintaiku/
Tampak jauh kinclong n cool… tampak dekat ternyata banyak baret2nya, sorry wkwkwk…
yupp….begitulah motor sayah
Rat Rod FTW
:shakehand sesama rat rod FD
maklum….bekas pegawai 😆
saya sangat kagum am mtor ini… karna sya juga pake…. waa… gak kalah am new jupiZ… padahal standar Abis….
New Jupiter Z? saya sih nggak seneng sama motor ini
tenaga mesin masih dibawah Jupiter lama soalnya……
bneran gan … biar standar msinya.. 120.an msi nyentuh.. apa lagi lw sdikit ubahan di kaki2nya… sya pnya msi std bnget… velg nya aj msi bawaan dealer… “jeruji besi” hhehe… tpi g kalah lw pke blapan stop and go
Shogun dilawan 😉
Yang punya Blog motorsayatromol mana nieh? kok belum nongol, masih sibuk nyari bengkel buat masang disk brake ato apa ya?
absen om
tkslah Rey dah ditampilin
ini motor lambat banget kok, cuma tembus 105 😆
Yep brah, yah….It’s called friendship, not a so-called “Bloggerhood” yang entah apa maksudnya….
true and pure prensip
wah motornya Vincent nampang 😀
hidup rem tromol
(lhoh) 🙄
http://redbike92.wordpress.com/2012/03/31/harga-bensin-vs-kendaraan-pribadi/
hidupp!! 😆
kisah ekspresi kecintaan terhadap tunggangannnya ….
demen gw baca nya bray ….
gw pake Y Nouvo Z 2006
gw kasih nama si “kebo” krn emang kucel suka kemana aja jalan nya …
ini motor gw apapun kondisi nya …. bikin gw bahagia & orgasme
Paling seneng sama statement terakhir.
My bike can makes me wet 🙂
always love battle-scars 😉
battle-scars mean ; I ride a bike. Not a statue.
a time reminder and battle scars 😉
bebek 4-tak paling disegani dijaman nya..
Hanya 2-tak yang bisa menandingi 🙂
Ancen top, shogun satu ini. Dulu pernah dibawa boncengan dari surabaya ke bali juga tembus 120km/h, dgn keadaan shockbreaker belakang patah satu pula 🙂
Haha, Motore Cak Bayu juga FD110 to? 🙂
yap betul, hell yeah. “Semut Ireng” nama motore.
tromol jugakah om?
Cakram dong brah 😀
sayangnya, cangkram xixixixi :p
baguslah
lah motor suhu nampang juga akhirnya di blog ini heheheh…:D
kapan ya motor ane bisa ikutan nampang :hammers
Mungkin harus kenalan dulu kali yee? 🙄
suhu kolor :hammers
woahhh.motrnya blogger kondang ini 😆
kondang dari hongkong
rey bikin kesel ati saya di setiap tulisannya.. hahahahaha
Hahaha….
Ayo brah, kisah kehidupannya beserta motornya kita ulas ke blog….kali aja jadi inspirasi bagi orang lain 🙂
coba direstorasi lg ampe jd bnr2 kyk baru… pokoknya dibikin kinclong kyk keluar dr dealer… pasti keliatannya antik dan cool.. jauh lebih berkarisma dibanding metikmetik alay pake velg cungkring alias mothai 😆
gw paling pengen restorasi satria hiu 120R, itu motor bebek paling keren dan berkarisma yang pernah gw liat… sayangnya skrg di jalan kondisinya memperihatinkan semua 🙄
Arrghhhh….RU120
Itu motor paling berkesan dalam hiduku! Fuck, I miss her brutal engine & dope handling!
set dah kemarin sempat berburu hiu, tapi ga dapettt, sabarrrrr sapa tau ada yg jual murahhh…satria120Hiu itu BENGISSSS
saya juga maunya begitu masbro
hem….Satria RU120, sempet pengen juga, tapi saya lebih suka yang lumba-lumba, modelnya lebih keras dan gagah 😆
Hardcore as fuck.
hell yeah
satu2nya motor bebek yang pertama kali gw coba langsung jatuh cinta…. akhirnya sempet punya walau feel dan kondisinya dah beda ama pandangan pertama tapi tetep nancep di hati…. pernah punya pengalaman juga riding iseng gokil gak niat cuma membiarkan si shogun jalan sesuai hatinya… dari jakarta nonstop tau2 sampe garut… cuma bekal atm dan kaos dibadan doank…. hehee…
Old Suki are tough as nail!
Semoga nanti Suzuki kembali mengulangi kejayaan mereka dulu ya 🙂
Motor langka, masih nga berubah dari pabriknya, ini dia yg bikin menarik , …… cuma saya yg kurang setuju banyak banget baret-baretnya, mbok ya sedikit di benahi terutama knalpot biar ini motor tetap lestari.
Kita tunggu jawaban dari yang punyanya ya Pak….
ngga berubah? ngga juga, spion dan balancer pake punya Shogun 125
soal itu, balik lagi ke masalah duit pak, saya punya prioritas yang mesti didahulukan. Cuman kalo yang prioritas dah tercapai, saya mau cat knalpot dan ganti cover krom pelindungnya.
Bodinya gimana? Ganti
motor balap oprekan pertama ane nihh,,,, hmmm,, tenaga memang joss….
CDI shindegen nya jadi cdi buruan motor2 balap lain..
http://roda2makassar.wordpress.com/2012/05/12/mencari-motor-di-tempat-parkir-dengan-mudah-nih-cara-gw-selama-ini/
CDI-nya FD110 New Shogun bukannya KGP ya Gan? CMIIW
Ka Ge Deh bray