Motorsayatromol Suzuki Shogun FD110XD “MDBS”, When Standard Makes A New Standard of “Cool”

Shogun Hitam FD110 Tromol
There’s something about “Cool” word. Apa definisi anda akan motor cool (bukan RK Cool ye), keren & enak dipandang? Modif? Motor “Laki“? Drag-Look? Road-Race look? JDM salah kaprah? Well, banyak emang definisinya. Itu karena kita diberi selera berbeda-beda oleh sang Pencipta. Okay, bagaimana kalau kita mengenal sebuah motor keren yang sedikit aneh, karena…Standar?

Shogun Hitam FD110 Tromol
Mengapa aye bilang nih motor keren? Diawali dari tipe motornya. The legendary Suzuki New Shogun FD110, sebuah motor penerus legenda “Kebo” yang terkenal teror jalanan & sirkuit. Gak tau legenda ini? Tanya pada bengkel langganan anda, dan dijamin kaget kalo motor 110cc punya daya hancur yang gak kalah kejam dibanding RX-King misalnya…

Shogun Hitam FD110 Tromol
Motor cetakan tahun 2001 ini sendiri milik salah satu blogger R2 independen dari Bandung, motorsayatromol. Sebuah motor yang sangat spesial dihatinya, karena memiliki sejarah yang udah sangat berkarat dengan indah dalam kehidupannya. Motor spesial & kedekatan emosional? That’s rare in this modern & consumerism world, right brah?

Shogun Hitam FD110 Tromol
Hey, it’s drum brake! Yup. Kapan lagi anda lihat motor dengan rem tromol didepan? That’s why he called Motorsayatromol, and he called his bike “Motor Drum Brek Sayah“. Kuatkah rem teknologi zaman kuda ini menahan gempuran tenaga mesin overbore beringasnya? Kita lanjut nanti…

Shogun Hitam FD110 Tromol
FD110 sendiri dikenal memakai transmisi model matahari, dengan per diagfragma. Ah, aye kurang hapal kelebihannya, kalo gak salah lebih simpel, kompak & hemat gesekan, cuman sering slip kalo digeber di rpm tinggi. No prob, this thing still knock your 150cc cub ass, in the most humiliating ways : Getting fucked by old, drum brake system bike.

Shogun Hitam FD110 Tromol
Meski punya kapabilitas, ownernya ini bukan speed lovers kok. Dia hanya seorang penyuka motor, bikers yang terus belajar, dan gak segan memakai motornya. Hujan – Panas – Siang – Malam, motor tercintanya terus dipakai. Kelihatan busuk ye, looks rat-rod ye? Fuck your “Purist” way, bagi aye motor sejati itu motor yang disiksa dengan kasih sayang oleh pemiliknya, bukan disayang-sayang dengan paranoid seperti orang lain.

Shogun Hitam FD110 Tromol
And…Well, yeah. An ugly exhaust. Tidak ada aksen krom, bentuk futuristik & ukuran eksentrik. Hanya sebuah knalpot yang sudah dibobok 1 dari 3 sekat didalamnya. Yah, setidaknya suaranya 50000x lebih enak didengar dibanding knalpot “resing” masa kini. A masculine sound, yang udah aye denger. Ayo brah, beli lagi tutupnya, biar bisa ngaca di knalpotnya!:mrgreen:

Shogun Hitam FD110 Tromol
Berapa topspeed motor ini? Kalau berani menggebernya, angka 120km/h bisa ditunjukan di speedometer VDO Dayton simpelnya. Hah, tidak usah kencang-kencang kok, cukup dengan sekali tarik throttle, mungkin akan makin banyak objek hilang dalam spion SGP FL125-nya.

Shogun Hitam FD110 Tromol
Apakah anda sudah menganggap motor standar ini “cool“? Mungkin belon tentu kali ye. Susah emang mengganti opini & selera orang. Yah, whatever…In my book, this bike still one of the coolest bike in Indonesia. Bicara soal tromol, sang owner punya proyek mengganti rem depannya menjadi cakram. Bukankah nanti namanya berubah? Dunno, but…

Shogun Hitam FD110 Tromol
…Apapun namanya, memori Motorsayatromol & Shogun 110 kesayangannya yang anda bisa lihat kisahnya disini, tetap tidak akan memudar. Ketika manusia & motornya memiliki kesatuan, suatu hubungan emosional yang spesial, tidak ada yang dapat memisahkannya.

A harmony, an unity, a love, a passion. That’s magic of own & ride a bike.

Peace out brah.

Spec Sheets :

Make Model : Suzuki New Shogun 110
Year Manufactured : 2001
Chassis Name : FD😄
Nickname : MDBS
Engine : Air-cooled, single cylinder, SOHC
Capacity : 109cc
Ignition / Starting : KGD SGP, Electric
Carburetor : Mikuni VM17
Transmission / Drive : 4-Speed Diaphragm Clutch System
Spark Plugs & Electric : NGK C6HS
Engine Lubricant : Pertamina Enduro 4T 20W-50

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

52 responses to “Motorsayatromol Suzuki Shogun FD110XD “MDBS”, When Standard Makes A New Standard of “Cool”

  1. ADI7MCG

    Tampak jauh kinclong n cool… tampak dekat ternyata banyak baret2nya, sorry wkwkwk…

  2. Yang punya Blog motorsayatromol mana nieh? kok belum nongol, masih sibuk nyari bengkel buat masang disk brake ato apa ya?

  3. tkslah Rey dah ditampilin:mrgreen:

    ini motor lambat banget kok, cuma tembus 105😆

  4. redbike92

    wah motornya Vincent nampang😀
    hidup rem tromol
    (lhoh)🙄
    http://redbike92.wordpress.com/2012/03/31/harga-bensin-vs-kendaraan-pribadi/

  5. kisah ekspresi kecintaan terhadap tunggangannnya ….

    demen gw baca nya bray ….
    gw pake Y Nouvo Z 2006
    gw kasih nama si “kebo” krn emang kucel suka kemana aja jalan nya …

    ini motor gw apapun kondisi nya …. bikin gw bahagia & orgasme

  6. always love battle-scars😉

  7. bebek 4-tak paling disegani dijaman nya..

  8. gleam

    Ancen top, shogun satu ini. Dulu pernah dibawa boncengan dari surabaya ke bali juga tembus 120km/h, dgn keadaan shockbreaker belakang patah satu pula 🙂

  9. lah motor suhu nampang juga akhirnya di blog ini heheheh…:D

    kapan ya motor ane bisa ikutan nampang :hammers

  10. woahhh.motrnya blogger kondang ini😆

  11. ojol58

    rey bikin kesel ati saya di setiap tulisannya.. hahahahaha

  12. coba direstorasi lg ampe jd bnr2 kyk baru… pokoknya dibikin kinclong kyk keluar dr dealer… pasti keliatannya antik dan cool.. jauh lebih berkarisma dibanding metikmetik alay pake velg cungkring alias mothai😆

    gw paling pengen restorasi satria hiu 120R, itu motor bebek paling keren dan berkarisma yang pernah gw liat… sayangnya skrg di jalan kondisinya memperihatinkan semua🙄

  13. satu2nya motor bebek yang pertama kali gw coba langsung jatuh cinta…. akhirnya sempet punya walau feel dan kondisinya dah beda ama pandangan pertama tapi tetep nancep di hati…. pernah punya pengalaman juga riding iseng gokil gak niat cuma membiarkan si shogun jalan sesuai hatinya… dari jakarta nonstop tau2 sampe garut… cuma bekal atm dan kaos dibadan doank…. hehee…

  14. Klangon

    Motor langka, masih nga berubah dari pabriknya, ini dia yg bikin menarik , …… cuma saya yg kurang setuju banyak banget baret-baretnya, mbok ya sedikit di benahi terutama knalpot biar ini motor tetap lestari.

  15. motor balap oprekan pertama ane nihh,,,, hmmm,, tenaga memang joss….
    CDI shindegen nya jadi cdi buruan motor2 balap lain..

    http://roda2makassar.wordpress.com/2012/05/12/mencari-motor-di-tempat-parkir-dengan-mudah-nih-cara-gw-selama-ini/

Komentar? Caci-Maki? Curhat? Iklan? Titip Link? Tulis Aje!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: