Suzuki GSX250S Katana, The Raddest 250 Bike Ever!

Suzuki Katana GSX250S
Ah…Akhirnya nge go-blog lagi setelah kemarin sulit koneksi. Seperti biasa, cek berita-berita baru di agregator blog R2 kayak Indomotoblog de ka ka, eh banyak yang ngulas Pulsar anyar, KaTeEm 200, sampe CB400. Aye juga gak mau kalah ah, mau ngulas motor “Laki” dengan kapasitas 250cc paling cadas sepanjang masa : GSX250S Katana!

Suzuki Katana GSX250S

“It might not be exactly like the real thing, but as the Japs have discovered, virtual reality is better than actual fiction.”
-Performance Bikes 1992-

250cc paling cadas sepanjang masa!? Ngawur! N250 lebih keren! CBR250R lebih kenceng! Duke lebih trendy! Inazuma lebih modern! Yawn…Terbaru & mutakhir belumlah paling keren & mantap. Ini karena nama, karakter & sejarah tidaklah dibuat, tapi dibentuk & ditempa oleh waktu, cobaan & opini publik, dan Katana berhasil melibas semuanya.

Suzuki Katana GSX250S
Langsung tengok-tengok desainnya. Biarpun desain menyiku tapi futuris Katana sudah nongol sejak 1980, motor rancangan Hans A.Muth dari targetDESIGN Jerman ini bener-bener kayak Wine : Makin lama dipendem makin asoy rasanya…

Suzuki Katana GSX250S
Bagi pembaca literatur desain otomotif, desain Katana memang bukan hal aneh bin ajaib, soalnya targetDESIGN yang punya klien elit seperti BMW, Porsche dan big player lain di industri Jerman ini sebelumnya melahirkan konsep MV Agusta “Motorrad” dengan garis desain yang mirip plek.


Cuman, Herr Hans membuat desain motor yang diluncurkan di tahun 1991 dengan harga ¥565.000 ini jadi lebih futuristik & enak dipandang, yang anda bisa buktiken di video presentasi dengan sinematografi ala film Kamen Rider yang ol’ skool diatas…

Suzuki Katana GSX250S
Just look at those muscle! Garis kaku, banyaknya ventilasi mulai dari spakbor ampe Accu Cover, semuanya bener-bener 1980an, dalam artian yang positip tentunya. Bagi aye, motor dengan kode GJ76A ini mirip Kylie Minogue : Biar dah berumur tapi masih “nendang.” Hell yeah!

Suzuki Katana GSX250S
Apa alesan Suzuki bikin nih motor JDM-only? Alesannya simpel : Tarik konsumen Jepang yang bener-bener pengen imej Katana yang legenda retro, namun enak buat daily ride di Jepang yang terkenal sumpek. Voila : Lahirlah GSX250S, bastard child dari Katana & Bandit.

Suzuki Katana GSX250S
How ’bout engine? Sebenarnya, enjin 4-silinder segaris TSCC, liquid-cooled + karburator Mikuni 29mm slingshot ini kurang se-yahud saingannya seperti FZR250 ato CBR250RR, meski mesin dengan tenaga 29,5hp@14.000rpm serta torsi 20nm@13.000rpm & top speed 170km/h ini punya kelebihan lain : Awet & mudah dirawat.

Suzuki Katana GSX250S
Tidak perlu ubahan sana-sini bagi Katana. Cukup pakai exhaust, brakepad & cartridge suspensi baru serta ban lebih lebar : Trash & Hoon? Ready. Murder other 250cc bike? Don’t ask, just kick their asses! Semangat Hashiriya & Bosozoku udah lengket banget ama nih motor karena ada darah Bandit & GS yang terkenal kejam & bandel!

Suzuki Katana GSX250S
Desain cakep, mesin H*A*M (Hard as MoFo) membuat Katana 250 menjadi best seller 4-bulan berturut-turut, mengalahkan saingannya sesama 250, bahkan dulurnya sendiri, Bandit & Gixxer 250, biarpun Katana cuman tersedia 1 warna, Katana Silver (dan Maroon Silver di tahun akhir produksinya, 1992)

Suzuki Katana GSX250S
Apakah Katana 250 akan bangkit lagi? Sepertinya tidak. Publik terlalu tergila-gila akan Inazuma yang memakai desain ala B-King, yang jujur aja aye ye…Bulky alias gembrot. Aye kurang nge-fans ama motor geda & lebar, karena motor 250 ya cocoknya memiliki desain ergonomis yang ramping & ringkas seperti Katana.

Suzuki Katana GSX250S
Yah, biarin aja dah aye berkoar-koar kalo Katana 250 adalah motor 250 paling cadas sepanjang masa, dan terus ngebayangin kalo Suzuki dengan gagah-berani angkut lagi prototip Stratosphere dan dicemplungin enjin Bandit. Ah, kenyataan memang lebih penting dibanding konsekuensi…

*Special thanks for Kōnan-san for picture of his immaculate 47938km GJ76A!

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

20 responses to “Suzuki GSX250S Katana, The Raddest 250 Bike Ever!

  1. elsabarto

    klo gak salah nampang juga nih di scene akhir film japan “Supercub”

  2. Mantap.. Sexy banget itu motor.. Harga kira2 sekarang berapaan yaa??🙂

  3. sekennya beapa dan beli dimana yah??..xixixix😀

  4. video super jadul but pleasant to watch:mrgreen:

    prefer ini dibanding 250 manapun, yang gua heran, watercooled tapi blok silindernya masih berkisi2, jadi terkesan ol’skool

    KEREN😀

Komentar? Caci-Maki? Curhat? Iklan? Titip Link? Tulis Aje!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: