Bikers & Lalu Lintas Indonesia Dimata Bikers Foreigner

Lalu Lintas Indonesia
Mulekum!

Langsung aja dah, jadi gini men…Semua rakyat Indonesia yang pernah berkendara di jalanan Indonesia tahu kalau Lalu Lintas Indonesia = Fucking Ferocious / BENGIS!

Salah lajur dikit = tabrakan
Salah geser dikit = nyenggol
Salah jalan dikit = Tilang mamenn…..

Nah, kemaren aye lagi obrol-obrol dikit ama salah satu punggawa Co-In (bukan sumbang amal & Peduli Kasih tapi Cornering Indonesia) dan die ngasih link menarik soal pandangan bikers luar yang nyicipin trek sehari-hari kita, Bikers Indonesia.

Lalu Lintas Indonesia
Ini ada link-nya kalo demen & bisa Bahasa English, tapi kalo gak mau repot peras otak, langsung lelep versi Terjemahannya oleh Aye, yuk ah mangga urang sadayana maossss :

Saat pertama kali aku datang ke Indonesia, kupikir “WTF!?” Motor yang berkeliaran rupanya berukuran kecil & pelan…Namun setelah riding sejak 2008, pemikiranku bahwa LaLin di Indonesia itu mirip Playgroup / TK / PAUD langsung berubah! LaLin di Indonesia itu gak cocok dengan pengalamanku riding selama ini, terutama skill-ku yang sudah terasah di Eropa.”

Lanjut…

Lalu Lintas Indonesia
Istilah “No Fear / Tanpa Rasa Takut” memiliki artian yang berbeda jika membandingkan Eropa & Indonesia, terutama dalam faktor psikologis & reaksi waktunya. Mulai dari saking banyaknya pengendara yang membuatku terasa mirip sarden, para pengemudi mobil yang membahayakan cara mengemudinya, anak kecil yang berkendara tanpa berpikir resikonya, wanita & lansia yang berbelok tanpa aturan & lampu sein…

Hei! Apakah mereka punya SIM? Apa mereka mengerti aturan LaLin? Ditambah lagi Bus-bus yang merampas jalurmu, sampai truk yang roda & muatannya beresiko lepas & jatuh…Membahayakan!

Lalu Lintas Indonesia
Lalu aku melihat, kecelakan terjadi dimana-mana, tapi apa orang yang mengalaminya mendapat bantuan? Saya pernah melihat otak yang tercecer di jalanan, atau wanita tua yang tewas dan hanya ditutupi koran. Ingat, PERTOLONGAN PERTAMA itu tidak ada artinya jika kita tidak paham akan “Know-How / Bagaimana-Caranya

Lalu Lintas Indonesia
Hukum rimba jalanan Indonesia secara simpel menurutku adalah ini : “Yang terkuat dan akan berkuasa adalah yang memiliki sikap NO FEAR / TANPA RASA TAKUT, alias Nekat

Membandingkan dengan Eropa, artian “No Fear” itu berarti kencang, dengan motor diatas 600cc serta tenaga diatas 98hp. Memacu kendaraan sampai 200-250km/h di jalur Autobahn, LuKot sampai 140-180km/h, dan semuanya dengan resiko yang minim, seperti tidak terjadi kecelakaan pada diri sendiri & orang lain, dan dilakukan dengan TIDAK UGAL-UGALAN.”

Ini ada rumusan berbandingan menyalip versi Eropa & Indonesia :

Salip Eropa = Speed + Respect = Overtaking / Salip

Salip Indonesia = Kecepatan + Ada jatah sekian detik & lahan = Salip

Saya berpikir dengan berkaca melihat pengalaman, menurutku pengemudi/pengendara terbaik adalah yang telah mengalami keduanya (Eropa & Indonesia), tapi jika melihat cornering team dan rider-rider yang berpengalaman disini, aku pikir rider Indonesia is NUMERO UNO / NAMBER WAN!

Aku akan mempelajari teknik-teknik kalian, dan berharap dapat sejajar & menyamai kalian nanti.

Lalu Lintas Indonesia
Nah…Jangan langsung besar kepala mentang-mentang kita dipuji soal keberanian (lebih tepatnya kenekatan) kita dibandingkan bikers luar, atau bangga kalau jalanan Indonesia itu menantang. Not a single fuck…

Yang aye pikirin, rupanya sekejam itu ya jalanan kita…Mulai dari tidak taatnya pada aturan dasar seperti SIM, etika dalam menyalip, bagaimana menolong & ditolong ketika terjadi kecelakaan, dan lain-lain…

Apakah ini harus berubah? YA.

Mengapa? KARENA ITU TIDAK BENAR & TIDAK BAIK (dan tidak sehat)

Lalu Lintas Indonesia
Caranya? Simpel, dari yang hakiki seperti pelajari & patuhi aturan, belajar soal teknik berkendara, sampai atur perasaan & pikiran ketika berkendara. Ingat, anda boleh mati kecelakaan karena apapun, intinya persetan lah.

Namun jangan sampai…JANGAN SAMPAI MEMBAWA KORBAN PIHAK LAIN. Meskipun rata-rata, orang yang mengalami kecelakaan karena keteledorannya dijamin membawa korban lain, entah boncengannya atau pengguna lalu-lintas lain…

Lalu Lintas Indonesia
Mungkin tulisan aye sedikit kasar, sori deh…Cuman, apa kita gak mau LaLin negara kita masih dicap sangar & dangerous oleh dunia? Bukankah berubah menuju arah yang lebih baik itu diharuskan oleh seluruh Agama & Keyakinan? (kecuali Anarkis)

Piss aut ah!

Sumber Foto : Mangiwau@Flickr

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

59 responses to “Bikers & Lalu Lintas Indonesia Dimata Bikers Foreigner

  1. indra

    eleh – eleh. mantep lah inponya!

  2. triclaksono

    komo mun apaleun rider2 bekli di jalan kopo nu zig-zag bari sabeulah lengeun nyepeng hp/rokok.. jigana beuki gogodeg si bule teh nya ..:mrgreen:

  3. setidaknya sm2 “No Fear” walau dalam darti berbeda….. hi..hi..hi…

  4. wah apik mas rey, ternyata mister bule ‘mengakui’ skill rider d indonesia yo.,😀

  5. elsabarto

    nice info.. sama mau nambah dikit, ada yg lbh nekat dari rider di Indonesia, rider vietnam, mau pake helm or gak bebas saja, penyeberang jalan harus extra hati2 karena motor disana jarang yg mau mengurangi laju kendaraan saat ada penyeberang jalan & paling seneng mainin klakson..

  6. man

    cool ma men.
    biker indo numero uno

  7. Wow2…bener2 dahsyat tuh bule, mencoba belajar skill rimba dinegeri ngeri ini. Semoga aja dalam proses belajar ituh, si bule tidak kenapa-napa. Soale banyak korban Lalin dijalanan negeri ini juga masih dalam tarap belajar menguasai kendaraan dan medan, makanya, saking belum siap, akhirnya para pelajar itu malah kena masalah dengan bahan pelajarannya sendiri. Mengenaskan!

  8. wewwww..numero uno ternyata suippp

  9. dani

    dan saya yakin rider kita yang biasanya dijakarta masuk highway eropah langsung keblinger

  10. Begitu perhatianya biker bule terhadap lalulintas di Indon . . . Kita dipuji krn kenekatanya ! Ingat nekat itu krn terpaksa . Bkn dipuji krn skill nya . Yg jelas semua terjadi krn situasi dn kondisi jalanan . Disana jalan lebar dan mulus dan sdm yg tinggi untuk patuh aturan . Beda dng di Indon jalan sempit berlobang dng sdm yg msh rendah kesadaranya untuk mematuhi peraturan lalu lintas ditambah mental aparat yg tempe .

  11. bule mengakui kalo indonesia emang semrawut lalu lintasnya…

  12. lalin sinih memang sangarr:mrgreen:

    kmaren juga dah baca versi inggrisnya, dikasih ama Derry:mrgreen:

  13. Indonesia Numero Uno semrawutnya….

  14. rann_32

    penilaian yang baik. tapi org Indonesia susah berubahnya. sedih nian….hiks hiks hiks

  15. Yudhi sukro

    Mantap dech…

  16. peduli sesama

    siapa salah dan siapayg patut bertanggung jawab.
    Kl g tau aturan Lalin,Kenapa bisa PUNYA SIM????
    Di Indonesia Bikin SIM lebih mudah ketimbang bikin Nasi Uduk.

  17. rider Indonesia kalo kebanyakan pake supersport/superbike dijamin motoGP, moto2 dll dikuasai pembalap Indonesia, soalnya saya yakin, tingkat nekat/mental nya udah teruji level dewa:mrgreen: bangga juga sih

  18. kalo kata rossi Funtastic very fast😀

  19. si bule ga tau oom sego
    hukum jalanan di sni
    mobil nabrak motor = salah mobil
    motor nabrak mobil = salah mobil
    sorry kalau nyampah peace hehe

  20. Ping-balik: memang separah itukah kondisi lalin disini ?? « triclaksono

  21. reza

    bang rey, minta link nya bahasa inggrisnya dong.. yang di co in, udah di hapus…

  22. sikon spt ini emang cenderung dibiarkan kok karena bisa membantu program pemerintah dalam hal ini bkkbn dalam pengendalian jumlah penduduk nya ….

    cek aja statistik per taon 2011 dimana laka lantas nya adalah 86 jiwa tewas per HARI nya …. luar biasa kan ?

    miris menyedihkan memilukan hati yg tersayat sayat saat mencermati hiruk pikuk jalanan negeri ini … mau gimana lagi kita nya deh ?

Komentar? Caci-Maki? Curhat? Iklan? Titip Link? Tulis Aje!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: