Pops Yoshimura, Tidak Ada Kata Tidak Mungkin

Yoshimura
Nang-ning-ning-nang-nung…Saatnya update blog! Berhubung aye lagi seneng-senengnya nulis kisah-kisah sosok legendaris di dunia R4 di blog ini, mungkin saatnya SRT juga menulis tentang sosok super top tapi jarang diangkat, yang namanya lebih legendaris dari Tetsuo Suzuki (Hayo siapa coba? Ini bukan orang dari Suzuki lho!).

Siapakah dia? Ya kalo bisa baca judul ya dah tau…Hideo “Pops” Yoshimura, pendiri dari Yoshimura, tuner & merek parts aftermarket papan atas untuk motor.

Yoshimura

“Teruslah mencoba & berusaha, karena tidak ada kata tidak mungkin. Yang ada, hanyalah 1 : Kemenangan”
-Pops Yoshimura-

Pop Yoshimura
Hideo “Pops” Yoshimura, yang lahir di Fukuoka pada 7 Oktober 1922, sering dipanggil sebagai “Tangan Dewa.” Kenapa? Jelas karena skill fabrikasi & modifikasi yang bener-bener presisi & paten.

Padahal, Pops (yang berarti ayah / babeh) tidak belajar dari buku & literatur, karena masih minim serta Jepang baru kena bom. Internet? Jelas blom ada…

Yoshimura
Dia mendapatkan skill itu dari 2 hal : Eksperimen & pengetahuan mesin pesawat. Soalnya, dulu dia mekanik pesawat Jepang pada saat Perang Dunia ke-2. Fucking badass..

Yoshimura
Setelah sukses dengan bengkel Yoshimura di Fukuoka yang ia dirikan pada tahun 1954, Pops dibantu anak & istrinya, Naoe mencoba melebarkan sayap ke Amerika, dan munculah Yoshimura R&D USA di Los Angeles, yang berfokus pada tuning motor superbike 4-tak.

Kawasaki Z1 Yoshimura
Meski dikenal sebagai dewa tuning Suzuki, Pops awalnya menggunakan Honda CB750 & Kawasaki Z1 untuk balap. Bersama Yvon Duhamel, Yoshimura memenangkan AMA kelas Superbike di Laguna Seca, yang menjadi awal perkenalan Yoshimura & balapan internasional.

Yoshimura
Namun meski udah cocok dengan Z1 yang akhirnya berhasil memenangkan AMA 1976, Pops menemukan basis baru untuk dijadikan motor balap, karena memiliki sasis kuat & mesin yang top : Suzuki GS 1000.

Yoshimura
Dengan Suzuki GS 1000 serta pembalap berbakat seperti Steve McLaughlin & Wes Cooley, nama Yoshimura & Suzuki makin berkibar sebagai motor jawara di dunia. Berkat itu pula, Yoshimura dijadikan tim balap resmi Suzuki di Amerika, dan Pops menjadi pimpinannya!

Pop Yoshimura
Di tahun 1981, Pops kembali ke Jepang untuk lebih fokus pada pengembangan Yoshimura Japan, dan perannya sebagai pemilik tim Yoshimura USA digantikan oleh anaknya, Fujio, yang juga sama hebatnya dalam memodifikasi & mengurus tim motor balap.

Ngomong-ngomong soal anak, anak perempuan tertua Pops yaitu Namiko, rupanya menjadi istri dari murid Pops & mantan pembalap dari Yoshimura Japan, Mamoru Moriwaki, yang dikenal sebagai pendiri Moriwaki Engineering, tuner legendaris Honda!

Mamoru Moriwaki
Banyak teknologi Pops & Fujio Yoshimura yang bener-bener revolusioner. Mulai dari sistem exhaust Duplex, karbu MJN (Multiple Jet Nozzle) sampai yang sering kita denger, silencer Tri-Oval. Semuanya efektif menambah tenaga & efisiensi mesin Suzuki. Dan semua teknologi itu didapat dari riset aktif di sirkuit, bukan asal ngitung sembarangan.

Yoshimura
Yoshimura sendiri awalnya bukan hanya memodifikasi motor lho! Dulu Pops memodifikasi Honda S600 & S800, yang berbasis mesin motor Honda. Selain itu, Yoshimura pernah dipercaya membuat knalpot opsional MCL Road Star untuk Mazda Eunos / MX-5 Miata. Mungkin aja nanti Yoshimura ngikut Akrapovic yang juga bikin knalpot mobil?

Yoshimura
Akhirnya di tahun 1995, Pops meninggal karena kanker di usia 73 tahun. Meski begitu, dunia balap tidak pernah melupakan jasa & prestasi lelaki yang selalu memakai topi ini, dan nama Pops dimasukan ke AMA Motorcycle Hall of Fame di tahun 2000.

Yoshimura
Ampe sekarang, Yoshimura tetap berkibar sebagai tim resmi Suzuki di Amerika, dan menjuarai banyak kompetisi papan atas dari motocross sampai AMA Superbike. Parts-partsnya tetap diminati, dan tentu aja menghasilkan keuntungan jutaan dollar. Semuanya berasal filosofi Pops bahwa ga ada yang gak mungkin…

Sumber : Yoshimura Japan

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

23 responses to “Pops Yoshimura, Tidak Ada Kata Tidak Mungkin

  1. yosi mura memang angkerrrrr
    asekkkkkkkk
    mantatap
    mahal, berkelas

  2. Hasyim Ashari

    yeah, hitam merah, yoshimura suzuki team..

  3. dhito_up

    Yoshimura… Yg ga murahan… Wkwkwkwk

  4. tonny 'tones'

    iya coba suzuki indonesia keluarin suzuki yoshimura edition pasti laku dah, secara banya ababil kan ….
    daripada plug n play yoshimura kw1.
    pastikeren dominasi hitam-merah-putih.

  5. wih.mangstab.baru tahu kalo moriwaki muridnya yoshimura..

  6. yo sing murah:
    Tidak ada yang mahal

  7. lekdjie

    Bikin bengkel to um?

Komentar? Caci-Maki? Curhat? Iklan? Titip Link? Tulis Aje!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: