Honda NSF250R, Moga-Moga Ada Street Version-nya dah!

Honda NSF250R
Dah pada tau dong, kalo HRC dah ngeluncurin versi final dari Moto3, pengganti GP125 nanti di musim 2012, yang dikasi nama NSF250R. Diperkuat enjin 250cc singel silinder, katanya sih gak kalah dahsyat ama yang 125cc 2 tak. Dan, yang lebih bikin ngiler tim balap amatir adalah….harganya ekonomis, cuman 23.600 euro cing!

Honda NSF250R
Coba kita ulik-ulik dulu nih NSF250R. Pertama, dari mesinnya dulu. Ini dia figur-figurnya :

Pendingin aer – 4 tak – injeksi – singel silinder – DOHC – 250cc

Honda NSF250R
Wew, hebatnya apa? Lihat dulu performanya men….48hp@13.000rpm dan torsi segede 28nm@10.500rpm. Lumayan najong kan! Ini didapet karena pemakaian teknologi yang lumayan hebring. HRC pake teknologi-teknologi kelas berat macam katup berbahan titanium di intake & knalpot, silinder berbahan Ni-SiC (nickel silicon carbide) yang kayaknya sip (meski aye gak tau apaan) buat ngurangin gesekan mesin, sama girboks model kaset dengan rasio rapet

Honda NSF250R
Mesin cadas ini, makin dahsyat lagi karena dicantolin ke sasis ringan berbahan alumunium yang bobotnya cuman 84kg. Biar makin top handlingnya, suspensi upside-down di depan serta monosok Pro-link yang dipasang di swing arm alumunium, pastinya siap diajak cornering gila-gilaan, ditemani ban (kalo digambar itu Bridgestone) dari Dunlop

Honda NSF250R
Nah, entah mengapa…aye penasaran, kayaknya kalo nih Moto3 dibikin versi homologasi / street legal, kira-kira bakal mantap & selevel ama mongtor legenda 90an, NSR250R SP kagak ya? Yuk ah kita cek si en es er es pi!

Honda NSR 250R SP
Prototip NSR250 itu, awal kali muncul di jagad persilatan pada Oktober 1986, dan mulai diproduksi pada taon 1987. Dengan konsep ringan & gesit, Honda bener-bener buat motor replika balap paling cadas, karena memiliki performa yang mirip ama mongtor Gran Prix era 2-tak

Honda NSR 250R SP
Lebih-lebih pas versi SP (Sport Production) muncul pada taon 1988, nama NSR bener-bener melonjak pesat kayak harga bensin! Bahkan, sampai sekarang masih dijadikan tolak ukur buat motor sport 250 2-tak! Edyaan…padahal nih motor ama aye masih kolotan ini😀

Honda NSR 250R SP
Untuk yang digambar ini, merupakan NSR250R SP cetakan taon 1996 dengan livery ikonik Repsol ala Mick Doohan. Dengan harga 770.000 Yen dan cuman dibuat 1500 unit, tentu aja NSR SP ini benar-benar VIP. Teknologinya lumayan bikin V-ixion malu, kayak kalo mau nyalain itu mesti pakai kartu memori, speedometer digital & swing arm “Proarm” ala motor GP, velg magnesium super ringan, dan yang paling top : Kopling dengan pelumasan kering. Hell yeah!

Honda NSR 250R SP Engine
Performa? Jangan nanya…biar kapasitas cuman 250, tapi karena menggunakan basis mesin GP500 serta sasis super kaku, NSR SP mampu memuntahkan tenaga segede 45hp dengan kurva rpm ala 2-tak, sehingga mampu nyikat tikungan-tikungan dengan lincah, bahkan bisa ngalahin mongtor superbike-superbike dengan mesin lebih gahar! Sayangnya, biarpun populer, Honda matiin produksi NSR karena alasan emisi di taon 1999….

Honda NSR 250R SP
Di taon 2011, udah jarang kita liat motor sport medium dengan performa bikin nangis anak kecil kayak Honda NSR250R SP, Suzuki RGV250 SP, Aprilia RS250, Yamaha TZR250R SPR ato Kawasaki KR-1S. Oke, Ninja 250R ato CBR250R mungkin secara bentuk dah mirip, tapi performa? Jauh pisaaaaan….


Nah, kali aje…disaat tren trackday / turun ke sirkuit dah mulai menjamur di dunia, Honda ato HRC mau bikin NSF250R secara bebas, ato bahkan versi jalan raya. Bayangin aja, Moto3 dengan ukuran yang kompak & pas dengan badan orang Asia, tapi tetep street legal…Dijamin dah, harkat & martabat Honda makin melonjak & bikin Ninja 250R seakan-akan motor buat pemula!

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

10 responses to “Honda NSF250R, Moga-Moga Ada Street Version-nya dah!

  1. Kayaknya honda masih males bikin montor kenceng um.cbr yg dipakai di sbk aja kayaknya ga kenceng2 jg..

    • Sebenarnya performa CBR1000RR Bang Rea lumayan juga sih….malah kata aye sih lebih bagus dibanding S1000RR yang dah dominasi di BSB

      Paling masalahnya cuman Bang Rea doang yang masih kurang ngejozz riding & pengalamannya….tunggu taon depan dah🙂

  2. hiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa JOZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  3. Zukro

    Eit..bukannya motogp itu harus pake motor prototype ye?artinya die kagak boleh pake mongtor jalanan. Kalo di homologasi ya jd mongtor jalanan ye?

    • Nah, kalo MotoGP ke jalan raya kan baru 1 ekor doang tuh (Desmo RR), kalo GP250 & GP125 kan bisa….ya liat aja Aprilia RS250 (RGV250) & RS125, kan hampir sama dengan yang di tipi-tipi

      Kalau HRC mau capek-capek bikin NSF250R buat versi jalan raya, pasti sakti mandraguna….biar nemenin CBR250 yang lebih condong ke sport-tourer, dan si NSF sebagai jawara sirkuit haha😀

      • Homologasi itu, ya si produsen harus membuat beberapa unit (ada yang cuman 1 unit macam Porsche 911 GT1 Straßenversion ato yang lumayan banyak kayak Ducati 1098R….

        Kalo Moto3 ini dibuat versi homologasi….bukannya gak mungkin, tapi Honda itu terkenal pelit soal jualan motor – mobil homologasi

        Buktinya, Honda NSX-R GT yang meski dijual 5 unit, semuanya dah dibeli sama museum Honda…jadi wee publik gak bisa ngerasain enjin 3200cc V6 ala JGTC😦

  4. 1 silinder 250 cc, spek ini kok kayaknya akrab di kuping yah, hehehe

    apa masih punya garis hubungan keluarga dengan VFR250 (upss, CBR250) di Indo yah?

Komentar? Caci-Maki? Curhat? Iklan? Titip Link? Tulis Aje!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: