FD 125 XRM, Calon Mongtor Collector Item (nanti)


Shogun SP, 将軍スポーツプロダクション….siapa yang kagak tau nih motor (yang cukup rare). Biarpun kalah pamor & publikasi di media, tetep aja, berkat performa & fitur-fiturnya yang cukup melimpah, bikin namanya masih keinget. Suzuki Shogun, dari awal kelahirannya (1996) emang udah siap dibawa kenceng-kenceng…Liat aja Shogun Kebo (FD-110), ampe sekarang, kalo kondisi rangka, enjin & kaki-kakinya mantep, dah siap diajak ngebantai motor laen di jalan

FD XRM
Nah, kali ini, aye mau ngulas (dikit) soal Shogun SP, lebih tepatnya FD 125 XRM (FL nanti-nanti aje yee), yang kebetulan di rumah & mentemen pada punya….

FD XRM
Pada sekitar taon 2005an, Suzuki meluncurkan varian sport dari Suzuki Shogun FD125, yang pertama kali di Thailand muncul dengan nama Best 125 Pro. Ubahannya? Cukup, bahkan lumayan banyak…absen aja dulu dari eksteriornya :

FD XRM

1. Desain sayap yang berubah, dengan ukuran lebih ramping serta engine cowling yang terpisah
2. Behel belakang menggunakan 100% metal, tidak seperti FD 125 XSD yang pake stoplamp
3. Desain speedometer VDO (untuk 2nd generation) yang menggunakan lapisan carbon look
4. Suspensi belakang dengan ulir per berwarna merah
5. Blok mesin & engine cowling (untuk versi pertama) berwarna emas
6. Nambah 1 tuas di setang / dah pake sistem manual clutch dengan pelumasan basah / pake oli
7. Velg depan belakang Enkei 10-spokes sama dengan Satria FU 150 + Diskbrake depan belakang
8. Spion baru dengan model menyudut
9. Knalpot model baru, dengan bentuk ala FU, namun memiliki heat protector (cilik)
10. Balancer setang pakai EN125 (Thunder)
11. Model stripping yang berbeda, dengan kombinasi warna body 2-tone yang mayoritas item
12. Yang jelas nama di STNK-nya beda

Lha, segitu doang? Kagak ada bedanya ama merek sebelah lah….


Kalo cuman ngeliat secara sekilas, emang Shogun SP tidak terlalu beda jauh ama versi R, tapi kalo udah make….beeeh, dijamin bakal kerasa beda banget ama versi XSD (bahkan ama Shogun SP FL!)


Nih mesin adalah biang keroknya…Enjin singel silinder SOHC berkapasitas 124cc ini, ternyata memiliki perbedaan fitur lain selain hanya kopling. Apaan? Magnet


Pasti, kalo pertama kali pake FD XRM, sensasi pertama ketika mau nyalain motor adalah : “Buset, nih Shogun kayak Satria aja…kagak ada electric starternya!”. Ini karena Suzuki bener-bener ngerombak enjin Shogun, dengan menghilangkan parts-parts elektrik yang membebani mesin, seperti electric starter, serta lampu stoplamp belakang demi mengurangi kebutuhan listrik mesin


Efeknya? Ya tahu sendiri lah…dengan beban kebutuhan listrik ke mesin yang lebih rendah, otomatis Suzuki bisa memasang ukuran magnet mesin yang lebih kecil, sehingga SP dengan enteng mampu mencapai rpm tinggi, bahkan perbandingannya lumayan besar dibanding versi XSD. Meski topspeed gak nambah (karena batas limiter yang sama dengan versi XSD), masih di angka 110an, tapi buat menggapai putaran tinggi, XRM mah mudah pisaaan….


Lainnya? Transmisi. Lagi-lagi impresi “Satria” bakal nancep dikepala, karena Suzuki masang model transmisi 1-N-2-3-4 ala mongtor sport. Lha, buat apa? Ini sebenarnya karena transmisi bawaan Shogun 125, SAPECS, terkenal punya penyakit miss (gak masuk), terutama di kebutuhan balap. Dengan model baru ini, dikombinasikan dengan sistem manual clutch, penyakit miss Shogun dah ilang….bener-bener paten!


Yang laennya, jelas knalpot. Sumpah, biar bentuknya simpel tapi sporty, tetep aja banyak yang jatuh cinta. Belum lagi suaranya, bikin imej SP (Sport Production) makin lengket ama FD XRM. Masuk generasi FL, versi SP-nya ternyata tidak mengadopsi knalpot ini, membuat banyak pemilik FL mencari-cari nih knalpot…sip kan knalpot FD XRM?


Keunikan lainnya? Liat aja kaki-kakinya….kita kupas dulu dari shockbreaker belakangnya. Selain warna, ternyata kekuatan damper-nya beda! SP menggunakan model Heavy Duty, otomatis lebih kaku. Membuat pengendalian FD XRM lebih stabil & kagak ngayun di tikungan & kecepatan tinggi….hebring!


Lainnya, ya jelas si velg mahal bin mantep Enkei 10-spokes, yang sama dengan yang dipake FU 150, apalagi cakramnnya juga sama, depan belakang. Anehnya, di generasi FL, banyak pemilik Shogun SP yang mau menggantinya dengan model jari-jari. Padahal, aye ibaratkan, nih velg 1 status sama velg Rays Engineering bawan Nissan Skyline GT-R, yang selain mantep, juga sering dipake mobil lain


Dengan kelebihan-kelebihan ini, meski secara teknologi gak serumit & canggih ala mongtor laen (sebagai contoh Jupiter MX), tetep aja XRM masih mampu membius beberapa orang untuk membeli, memiliki & merawatnya ampe sekarang…contohnya? Aye, serta beberapa member SRT, yang meski tergiur akan motor-motor laen yang lebih gede, canggih, keren & top, tapi masih ngerawat motornya dengan kasih sayang (meski kadang-kadang pake parts KW)


Di tahun 2011 ini, usia FD XRM dah mencapai 6 taon, membuatnya sudah cukup berumur. Makin jarang aye liat motor FD XRM di jalan, apalagi versi 2005-2006 awal yang masih menggunakan stripping “petir” simpel & mesin rakitan Thailand. Pasti, nanti FD XRM akan mendapatkan status “Local Cult Bike” kayak Ninja 150 KRR, Satria 120, Raider 125 atau Kawasaki Blitz Joy, karena keunikan & kelebihan-kelebihannya yang dah jarang ditemui lagi di motor baru

(kali aje harganya entar naek, selevel sama Porsche 993 GT2 ato Maserati MC12 Stradale haha)

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

103 responses to “FD 125 XRM, Calon Mongtor Collector Item (nanti)

  1. Lanudmobile

    Mangtaff motor gw mejeng euy,,,thank’s han buat tulisannya

  2. saya penyemplak Satria 120RU, produk Suzi jaman bahula emang paten, cita rasa sporty yang dikeluarkan emang benar2 hebring dibanding produk pabrikan lain

  3. bin2m

    FL, boo…😀

    Tp mmg benar2 mantap Shogun d Seri 110’97, FD & FL.
    Selebihnya, aq agak merasa sedikit aneh aj..
    Wuakakakakaka…😉

    Salam & Terima ksh.

  4. jahe

    edannnnn minggir ahhh bebek kenceng nih

  5. Polenk Fals

    Mantap gan… Naksir Arashi…

  6. Hasyim Ashari

    ho’oh, modelnya itu lho, bener2 mirip sama GSX (depan)

  7. Kelemahannya cuman satu,bodi yg gampang remuk

  8. motor gw cuman atu fotonya, huhuhuhuhu siap nambah ah gan😀

  9. jossssssssssss,,,,motor kenceng

  10. Mantap brot,baru tahu klo magnet-nya juga beda. saya juga make SP FD125XRM,awalnya mo beli FU, tapi krna barangnya susah, dan isu tentang konsumsi BBM, akhirnya berpaling ke SP, waktu masih baru beli, Om saya bilang “ko punya motor suaranya kaya motor laki”, hehehe..

    • Hahahaha…nah itu, ajaib bener tukang Insinyur Suzuki bikin knalpot FD XRM suaranya garang kayak FU….

      Dulu aye juga dah siap beli FU, eh…kagak ada bagasinya & riding positionnya bikin pegel badan….belum masalah isi bensin😀

      Pokoknya…Shogun dilawan!😈

  11. mantatap. motor kencangg

  12. hahaha, Shogun dilawan

    emg ini motor bnyk yg bilang kenceng dan garang, tapi dibanding FD110 aye gmn yah? pengen tau (punya ane New FD110 non R alias tromol, tp rencananya dlm waktu dekat ini akan diubah jadi cakram)

    skalian, sbnrnya seneng juga sama versi SP, tapi mendingan yg FD125XRM ato FL125RMCD yah? tapi jgn suruh ane beli Shogun Axelo R, itu versi SP paling aneh, hahaha, menghilangkan tradisi SP Shogun.

    Di brosur Suzuki, ane liat ada daftar harga Shogun Axelo, di belakang tulisan Shogun Axelo ada tulisan (R), trus di belakang Shogun Axelo S ada tulisan (RR), dan dibelakang
    Shogun Axelo R ada tulisan (SP), xxixixixixi, rupanya memang imej kasta Shogun gak bisa dilepas, pokoknya versi cakram depan itu R, yg ada cakram blkg tuh RR, dan yg kopling tuh SP, knapa juga gak diubah seperti semula….

    pengkastaan model gitu kan udah ada dari jaman Shogun 110 2nd generation, yg tromol Shogun doang, trus yg cakram Shogun 110R, berlanjut sampe Shogun FD125, versi tromol diillangin dan yg ada versi R doang, ama versi SP…….Ngilangin tradisi nih……

    ibarat ngilangin tradisi pengkastaan Kijang yg udah ada dari jaman Kijang Super (SX, SSX, SGX dan LX, LSX, LGX) jadi J, E, G, V, pada Innova. Kebetulan bokap punya versi LSX, versi nanggung banget.

  13. hehehe, emg FDSP udah sering denger soal kekencengannya. BTW pernah denger klo enjin FD125XRM/XSD itu ada kesamaan basis dgn FD110XSCD atau Smash. Bner ga sih? Pas liat bentuk blok mesin dan blok kopling jg kayaknya gak jauh beda. Apa bener FD125X itu basisnya dari FD110X alias Smash? Dan apa bener jg klo msin FD125X/FD110X itu turunan dari FD110?

    skedar pengen tau, thx jwbannya

    • Basis transmisinya sama…SAPECS kalo gak salah….cuman anehnya, karena rasio gearnya kecil, jadi wee suka missssssss

      Mesinnya sih sama aja sih….gak beda jauh, cuman di FL doang yang beda dikit

      Makanya FD kencankkkkkkk😀

      • klo mesin FD SP dibanding FD R gak ada perbedaan kan sbenernya? cuma beda di blok kopling sama magnet doang kan?

        Dulu pernah pake FD110XSCD, tarikan atas lumayan enak. Apa sensasi make FD125XRM jg gitu yah? hampir serupa dgn FD110XSCD?

        Nah, kok FL bisa kurang kenceng dibanding FD SP? apa gara2 adanya starter jg yah?
        ato ada sebab lain? basis FL jg FD kan?

        matur nuwun

        • klo mesin FD SP dibanding FD R gak ada perbedaan kan sbenernya? cuma beda di blok kopling sama magnet doang kan?

          Miriiiiipppppp…..cuman beda magnet, transmisi sama CDI duank😀

          Lagipula FD125XRM itu TDM men mesinnya….alias rakitan orang Bangkok sono…..

          Dulu pernah pake FD110XSCD, tarikan atas lumayan enak. Apa sensasi make FD125XRM jg gitu yah? hampir serupa dgn FD110XSCD?

          FD110XCD? Mantep juga…1 level sama Jupiter Z, sayang minim baut body, jadi geter2 kalo jarang dirawat

          Nah, kok FL bisa kurang kenceng dibanding FD SP? apa gara2 adanya starter jg yah?
          ato ada sebab lain? basis FL jg FD kan?

          CDI, Tipes eh TPS serta magnetoooo

          Blom gara2 enjin balancer, jadi putaran mesin kena redam….oke mesin jadi lebih lembut, cuman torsi jadi kena korting…wew

  14. eh sori, klo blok kopling sih pasti beda antara FD125XRM ama FD110XSCD, maksudnya kesamaan bentuk blok kopling FD110XSCD sama blok kopling FD125XSD (klo gak salah kodenya itu, CMIIW)

  15. Tambahan lagi:sekali2 bahas FL125RCMD dong, hehehehe

  16. ferrarista

    FL ku merana, minta di elus2 mesinnya, jadi selingkuh ke UW125SC1 deh. Kangen sama si BandelII

  17. Shogun SP lahir disaat ane belum bisa bawa motor… jadi cuma bisa ngeliatin ni motor hahaha
    setelah era satria 120 berakhir cuman ini bebek yang fitur dan kelengkaoannya sama kyk RU… selain mesin 2tak tentunya… sempat suka ngeliat Shogun NR, tp ilfil karena gda kopling… klo sekarang bebek yang fiturnya wah selain axelo ya New MX🙄

  18. AHMAD MUGHNI

    Siip…! 2jempol tuk kamu. SALUTE FRIEND.

  19. FD110XD ku collector item gak yah?:mrgreen:

  20. rider

    masih ane pake nih motor ampe sekarang..gak kerasa dah hampir 6 tahun umurnya😀
    btw , kalo pelek depannya diganti jari-jari pake tromol shogun 125R perlu ubahan banyak gak yah?

  21. hendri

    bro kang mas mo nanya nih,. mesin FD 125 XRM itu karbu standarnya mikuni tipe berapa?? apakah sama karbunya dengan ARASHI R (kopling Manual yaitu MIKUNI 19 VM) tolong dijawab ya,. thnk u

  22. hendri

    bro kang mas mo nanya nih,. mesin FD 125 XRM itu karbu standarnya mikuni tipe berapa?? apakah sama karbunya dengan ARASHI R (kopling Manual yaitu MIKUNI 19 VM) tolong dijawab ya,. thnk u

      • hendri

        reyhan_ gitu ya bro,. trus klo gw ganti karbu Mikuni VM 19 yg punya arashi bisa plug n play gak ya?? biar lebih ngacir,. hehe.. coz karbu originalnya udh mulai sakit tuh harus diganti

        • PNP kok, saya juga pakai VM19🙂

          • hendri

            boleh tau nih bro brapa top speednya pke karbu VM 19 ntu?? coz shogun sp 2006 gw pke standar VM 18 cuman dapet 115/kmh itu mah udh mentok gasnya kgk mau naik lg n mesin standar abis

            • Pakai VM19 itu gak ngaruh ke TS Mas, karena limiter CDI ya udah ngebatesin sampai rpm & kecepatan berapa bekerja…Dulu awal saya beres inreyen motor pas baru, TS sampai 110km/h itu sudah maksimum…

              Daripada pakai VM19, lebih baik ganti CDI limiter tinggi model BRT, Rextor atau Cheetah, gear pakai FL RR (14-34) serta ganti knalpot custom + jetting aja dulu, topspeed 130km/h mampu lah…Lagipula VM18 bawaan FD XRM itu bagus kok, dagingnya tebel, jadi bisa di-reamer gede2…

              Tapi daripada repot2 ngurusin TS, mending akselerasi awal yang jadi kelebihan FD XRM aja Mas yang ditingkatkan, pakai leher knalpot baru, gearset Smash (14-36), kampas kopling RU120 sama jetting 17-100, enak buat nyalip serta diajak meliuk-liuk karena tenaga ada terus di rpm rendah-medium🙂

              • hendri

                mas Main Jet 100 itu punya motor apa ya??? trus klo CDI yg paling bagus n cocok tuk shogun sp fd apa ya

              • hendri

                mas Main Jet 100 itu punya motor apa ya??? trus klo CDI yg paling bagus n cocok tuk shogun sp fd apa ya dengan spek karbu standar n PJ 17,5 MJ 100

                • MJ 100 itu Jupiter🙂

                  CDI buat FD XRM….Emmm, BRT Hyperband dah sangat bagus sih. Kalo mau yang OEM-Made mah Shindenger FD110 lama aja, tinggal geser pulser dijamin atas bawah nendang.

                  Kalau Rextor, Cheetah & yang bisa disetting mah sayang, soalnya kurva BRT Hyperband aja dah sangat sesuai ama karakter FD XRM

                  • hendri

                    oc mas bro muantap🙂

                    nanya lg nih,. rencana mau aplikasi coil kaze katanya api lebih gede,. bener gk mas?? kira2 bagusan mana dari coil standar sp fd mas bro

                    • Sebenarnya daripada Kaze, kenapa tidak mengaplikasikan koil aftermarket saja? Misalnya Kitaco atau Blue Thunder. Kualitas & besar api lebih besar, dan dapat dipertanggung-jawabkan kekuatannya karena beberapa tim balap & pengguna pribadi relatif tidak ada keluhan.

                      Tapi ingat, aplikasi koil aftermarket tidak disarankan lho kalau pakai CDI Aftermarket BRT🙂

  23. arif pancal

    hlo mas broow.. mo nanya nih.. apakah aki d SP FD ngaruh terhadap mesin?..

    • Semua motor dengan kelistrikan DC pasti ngaruh Mas…Minimal susah nyala🙂

      Tapi kalau soal tenaga, yah…Gak terlalu parah banget, meski sebenarnya ada pengaruh juga, soalnya hampir seluruh lini kelistrikan seperti koil & CDI kan jadi gak sekuat dulu setrumannya🙂

      Sama juga dengan mengganti aki dengan yang lebih besar ampere-nya misalnya, itu gak ngaruh ke mesin, misalnya soal tenaga & kurva rpm….

  24. pengalaman ane:
    sebelomnya ane mau ambil FU karena DP dan cicilannya udah ane sepakati sama leasing dan paginya ane panjer 100 ribu sama leasing buat survey dateng kerumah ane malem, ane udeh bilang mau DP 5 jt. eh gak taunya pas siang ane di fax ke kantor kalo harga ciclian bulannya jadi berubah lebih mahal. sontak ane mencak mencak dah tuh leasing surveyornya dan ane cancel siang itu juga buat survey dateng kerumah. pas malemnye tuh survey dateng juga kerumah dan tetep ane cancel gak jadi ambil FU. duit panjer ane ane ikhlasin aja deh.
    selang 1 minggu berhubung ane banyak kerjaan ane minta tolong sama kakak ipar ane buat datengin langsung diler deket rumah motor apaan aja dan bayar DP sekalian. berhubung kakak ipar ane tau yang ane pengen, yaitu motor kopling dan sporty selain FU karena cicilannya gede, prioritas 1 shogun SP sisanya terserah akhirnye ane diambilin motor SHOGUN SP FD 125 XRM merah hitam.
    dan ane beruntung masih punya SHOGUN SP FD 125 XRM merah hitam B6788PGO yang selalu nemenin ane dari agustus 2006 sampe sekarang, mudah mudahan sampe selamanya..🙂
    sampe sekarang pun masih banyak banget yang nawar, karena ane emang bener” ngerawat shogun ane sampe banyak yang gak nyangka dengan umurnya dan masih kinclong..
    pernah akhir taun 2006 iseng diadu sama MX temen keluaran oktober 2006 kopling sama sama motor standar, motor ane cuma pake premium saat itu dan itu MX pake pertamax, dan ane gak nyangka bisa ngelewatin itu MX dengan TS 120KM/J cuma maenin kopling doang + betot gas sejadi jadinya..🙂

    • Muatappppp!!!!

      FD XRM 1st Gen memang paling top. Memang banyak kekurangannya, tapi justru dari situlah muncul kelebihannya, bahkan dengan konstruksi & teknologi yang sebenarnya relatif biasa-biasa saja.

      Aye juga dulu (hampir) ambil FU, tapi udah kadung cinta ama kepraktisan & simplisitas dari FD XRM😀

  25. mantap yg notabene shogun pernah memegang gelar raja bebek, dan jarang orang yg tahu akan potensi sang raja yg terlupakan ini

  26. rama kurnia sandi

    maf bro numpang tanya,,
    sy bru dapat shogun sp FD 2005, sayangnya uda ofersize 50 tp kok tarikan kurang mantap kira2 apanya??
    kilometer sudah 79.0000…
    dan apakah ada yg perlu diganti??apa saja??
    mohon bantuannya…..
    trimakasih…

  27. Cuma ada tiga motor yang mebuat saya jatuh cinta, Suzuki FXR, Suzuki Satria RU 120, dan Si suzuki Shogun SP FD 125 XRM, hentah mengapa semua dari brand Suzuki. Dari mulai dulu saya ingin meminang salah satunya, yang paling reasonable adalah Si Shogun SP. Tapi di daerah saya (Medan) susah banget cari nih motor, kalau pun ada harga pasti mahal, terakhir temen saya dapat keluaran 2006 masih kinyis2 dengan harga 7 jeti, lumayan untuk ukuran motor berusia 6 tahun kan:mrgreen:
    Tapi saya tak akan putus asa, saya harus bisa dapat si Shogun SP nongkrong di garasi rumah saya, hehe…
    Btw, blog nya keren mas, ditunggu update an nya.
    Salam , two wheels forever..

  28. rama

    punya aq shogun sp 2005, emang benar2 mantap, ketahanan ini motor benar2 luar biasa padahal uda dipake bwt kerja keras ni motor tetep aja masih bandel…

  29. vicky

    Kekurangan mesin untuk saat ini :
    1. Tarikan masih lumayan tapi harus menggunakan pertamax minimal premium+pertamax (perbandingan 1:1).
    2. Untuk tanjakan tenaganya kurang, terbukti sama jupie mx yg berboncengan di trek yg banyak tanjakan tanpa turunan hanya bisa imbang tanpa bisa ninggalin padahal saya menggunakan motor tanpa boncenger (ini untuk kondisi saat ini karena kilometer sudah lumayan jauh).
    3. Tenaga tertahan diatas kecepatan 70 kpj bila dikasih minum premium.
    4. Mesin udah mulai knocking misalkan ketemu tanjakan yg lumayan tinggi kalo dikasih premium. Tapi menggunakan pertamax yg biru tenaga masih ngisi, Kadang jg pake pertamax plus kurang enak buat putaran rendah mesti bejek gas baru kerasa bedanya.

    Sekarang pertamax udah bener2 mahal kisaran harga 10ribu per liternya jadi agak berat kalo mesti beli pertamax sedangkan motor keluaran baru yg secara spek teknis harus pake pertamax pada pake premium karena memang harganya masih murah.
    Odometer motor saya sudah menunjukkan angka 88 ribu km, mohon bimbingannya apakah sudah harus dilakukan servis besar atau turun mesin untuk jarak tempuh sejauh ini ? (Mesin belum pernah di bongkar hanya ganti kampas kopling 2x, dan servis ringan + ganti oli karena tidak pernah servis di beres suzuki)

    • Hmm…Kasusnya sih cukup jamak, dan aye juga gak bisa kalkulasi bener, karena banyak faktor yang ngaruh dalam tarikan kurang nendang, misalnya bobot rider, throttling style & ukuran gear.

      Kalau belum pernah diganti sih gearnya, mending pakai ukuran yang lebih besar untuk menghajar tanjakan. 36 kalau masih suka topspeed & pakai CDI limiter tinggi, 37 (OEM Arashi) kalau ingin siap nanjak & torsinya kerasa, 38-39 (ane pake 39) kalau buat ngangkat-ngangkat hahaha, topspeed cuman 100 CDI standar tapi.

      Biasanya sih kalau nanjak kurang kerasa torsinya, problemnya paling kampas kopling sudah tipis & plat-nya juga minta diganti. Atau mungkin busi yang dipakai, kurang begitu cocok, misalnya busi dingin dipakai untuk kebutuhan harian (relatif resistan akan panas = kurang cocok untuk stop-go).

      • vicky

        Buat kopling manual pengaruh ke kampas sama platnya ya saya baru tahu… Mengenai kampas kopling dulu saya pernah ganti sekali, tapi tidak memberikan efek ke performa mesin karena kemungkinan cara saya membawa motor ini jarang melakukan slip kopling untuk menambah tenaga di motor ini. Di motor saya gunakan kamplas ori milik smash karena memang untuk part aslinya agak susah untuk carinya, tapi apabila ada waktu memang saya berniat untuk ganti kampas kopling asli milik generasi shogun sp,

        Kalo gear sudah coba ukuran 14-37, 14-36(pny smash), 14-35(saat ini saya gunakan di motor). Ternyata tidak ada perubahan di top speednya, boncengan atau sendiri top speed mentok di 110kpj gak bisa lebih di jalan datar atau sedikit nanjak pun sama kecuali jalan agak turun tergantung nyali cz udah gak stabil nih motor ngeri. Masih pake cdi limiter Om, sasis motor saya msh standar udah kurang stabil di kecepatan lewat 100kpj.
        Pny bro Reyhan pakai gear belakang 39 lebih ringan mungkin top speed bisa lebih kenceng lg. Secara sp speedometer ambil dari putaran mesin, semakin kecil gir belakang semakin kecil penyimpangan kecepatannya terhadap kecepatan real,

        Maklum bro, namanya juga udah lama nih motor udah 6 tahun lebih umurnya, jeroan juga pastinya udah banyak yg aus. Busi saya ganti 1 tahun sekali, tapi kemarin habis diganti pas servis pakai busi pny honda merk ngk. Kalo masalah busi pengaruh ke performa mesin saya belum tahu karena selalu pakai busi standar, maklum motor standar tingting. Motor jg jarang dipake untuk stop and go, koplingnya kurang enak kalo mesin udah panas .

        Thankz bro , nice share d sesama pengguna fd125xrm.

        • Well…Mungkin ini tinggal masalah kesegaran mesin saja sih, gakpapa juga pakai busi NGK punya Honda, kodenya sama kan dengan Shogun (C6HSA kalo gak salah)

          Yo, salam juga dari pengguna FD XRM🙂

  30. dimas depe

    ane pake nih motor 5 tahun puass bgt bro. ga pernah rewel. mogok juga ga pernah. karena ga pake elektrik starter akinya awet. baru tahun lalu ganti. hehehe

    izin kopi link nya yak bro. hehehe

    barang kali ada yang minat sama shogun sp saya. mau dilepas. bisa liat di forum sebelah (kask*s). makasih bro

  31. Penjol

    Foto trkhir persis punya sy gan,skrg.lg bimgung pgn nyari striping ver thailandnya gam

  32. Iyank Shadow

    Salam sesama SUZI Shogun SP’érs

  33. salam kenal brooo ….
    shogun 110 fd love u fulllll
    tolong masukannya broo ,, shogun fd saya pengen rubah bodi ,, jadi berpenampilan shogun sp, atw shogun R … atau apa broo yang kira-kiranya shogun fd saya tambah asik aja kalo di pandang ean mudah di pindahin bodi (caver) ?????

    • Wew, nanya dulu nih aye : Mongstornya FD 110 atau FD 125? Kalau FD 110 dijadiin FD 125 mah susah, posisi tangki, panjang sasis sama breketnya PR…

      Kalau mau mah cangkok lampu Arashi atau FU generasi pertama di cover depan aja model ini :

      Tapi aye mah prefer body ori aja, soalnya motornya dah langka, dan desainnya simpel & ramping hehe😀

  34. body smash titan … boleh juga tuh hhhhee wakin wasyyiiik neh .
    bisa lanjut ga broo kekurangan nya apa aja ? kalo pake body caver smash titan ,, hhe maksudnya tinggal plek ga tuh

  35. Ping-balik: KESALAHAN FATAL GENERASI SHOGUN AXELO | agoey weblog

  36. Edi supono

    ane pake shogun r FD akserelasi memang terasa spontan, entah karna motornya enteng banget.
    tapi pernah 1 kali di adu kebut ama shogun rr FL, FD ane kalah bro

    mungkin karna minim getaran & stabil yg bikin FL series terasa tarikan lemot kali yh.
    tapi untuk FDXRM ane acungin jempol akselerasinya, mx aja brani diudag sama nih motor

  37. legia

    Numpang tanya ane mau beli variasi leher knalpot fu tapi tabung nya fd standar
    Kalo lubang leher ke tabung baut yang 3 itu sama kaya fu tapi ntar kalo leher variasi fu nya di pasang ke yang tabung knalpot sp itu muat ga yah..?

    • Buat dipasang di motor apa Mas? Kalau ke FU bisa, tapi dudukan knalpot yang ke footpeg belakangnya harus dirubah, soalnya silencer FD XRM kan untuk footpeg dibawah, kalau FU kan tinggi diatas🙂

Komentar? Caci-Maki? Curhat? Iklan? Titip Link? Tulis Aje!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: