Anak Muda & Modifikasi Motor, Sebuah Pertanyaan…

Raider 150 Thai Look
Lagi asik-asiknya ngobrol sama teman di Facebook, dia kebetulan modifikator mobil-mobil spesialis VIP, yang sewaktu sebelum pindah kuliah, sempat tenar namanya. Dia sendiri mengeluarkan sebuah perkataan yang cukup menarik, dan kayaknya seeh cukup relevan dengan dunia modifikasi secara general (mao modif motor ato mobil ato roket)

Ini die :

“Menurut gue, sekarang banyak orang yang pengen ngambil jalan pintas, beli ini-itu secara asal-asalan, tidak berpikir panjang, dan yang aneh, gak punya “tema utama” yang mau mereka pake di mobil mereka. Karena “racun” modifikasi di forum kayak modcom ato milis, jadi secara terburu-buru beli ato barang. Padahal nyantai aja…modifikasi itu bukan balapan atau kompetisi kecepatan kok

Yang bikin gue miris, itu kalo liat mobil VIP orang kayak gak punya karakter (entah mobil sehari-hari ato kontes), keliatan kacau & gak mewah, tidak seperti VIP. Banggalah punya mobil dengan basis VIP yang baik macam Mercy ato BMW, meski sudah bukan mobil muda lagi, jangan sungkan buat agar terlihat lebih keren & mantep dipake dibanding pertama lu beli ato dikasih

Masalah duit bukan jawaban bos, lu gak perlu banyak duit buat bikin mobil lu keliatan VIP bener. Cuman butuh waktu, sabar, riset & nunggu parts-parts yang elu mau & butuhkan dengan harga yang cukup dengan budget, gak perlu baru ato langka. Daripada nyesel mobil keliatan kacrut & gak jelas?”

Nouvo MX Thai Look
Kutipan bacod temen diatas, jika dipikir-pikir, pas juga dengan modifikasi kendaraan lain bukan? Ini dia intisari rasa jeruk-nya :

– Jangan mudah terpengaruh akan postingan & foto orang di forum ataupun media lainnya (majalah atau blog)
– Biasakan memiliki tujuan dalam memodifikasi motor anda, mau jadi motor yang fungsional, kereta balap atau ratu kontes
– Gak usah buru-buru beli atau pesan barang untuk bahan modifikasi motor anda, toh itu motor milik anda bukan? Bukan properti bengkel ataupun kantor
– Banggalah punya motor apapun, entah Suzuki Shogun SP ataupun Kanzen Taurus
– Tidak butuh banyak uang demi memodifikasi motor secara “bener”, yang penting adalah jaga diri & dompet, sama berkomitmen, itu saja

Ingin bukti gimana bedanya jika udah mengaplikasikan poin-poin diatas? Coba lihat 2 contoh dibawah, yang :

– Kedua-duanya memiliki model & merek yang sama (Suzuki Shogun FD 125 XCD)
– Kedua-duanya memiliki konsep modifikasi eksterior yang sama (Main stripping & stiker)

Shogun Tech3

dan

Random FD

Yang membedakannya hanya pemilik & metode modifikasinya saja, terlihat kan?

Yang pertama (kebetulan member SRT) punya konsep yang jelas, serta pengerjaan yang cukup rapih & tertata, sedangkan yang kedua? Entahlah…melihatnya saja sudah males. Anda sendiri bisa menilainya kan?

Mio Thai Look
Kita lihat sekarang, apakah banyak pemilik motor, sebagai contoh Anak Muda & Remaja, apakah mereka memodifikasi motor mereka, karena ingin menambah daya tarik motor serta lebih enak dipakai, atau karena terpengaruh teman & media? Yang patut dipertanyakan, adalah : Sudahkah mereka memodifikasi motor mereka dengan bener?

Shit FL
Jika ingin menjadi motor balap, ya rubah jadi motor balap. Jika ingin menjadi motor kontes, ya totalitas modifnya, jika ingin menjadi motor harian yang fungsional, ya jangan pakai parts-parts tidak berguna & mengganggu. Motor daily ride kok pakai karburator raksasa yang menganga? Jalanan di kampung jebol & rusak, kok nekat pakai velg alumunium ceking & ban kecil?

Anda sendiri? Sudahkah Mas-Mbak memodifikasi motornya dengan benar & tertata?

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

44 responses to “Anak Muda & Modifikasi Motor, Sebuah Pertanyaan…

  1. waowwwwwww menusuk di hatiii saya mau modif lepas stiker aja ahhh

  2. dwicahyoandrianto

    motor saya standar … dan dipakainya pun standar,
    jadi ya pake parts yang standar2 aja …🙂

  3. rhiez.all

    onok chandraa.. wakakaka..

  4. NandhaFirstya

    modifikasi terkeren saat ini adalah..
    1.pake HID 300rebuan yg silaunya kemana2
    2.jual velg CW bawaan motor utk beli velg jari2..(kenapa waktu beli ga beli yg udah jari2 dari sononya??)
    3.ubah lampu belakang (rem) dengan warna putih jd silau men…
    4.spion kecil tidak berguna
    5.bengkokin knalpot ke atas
    6.pake box segede lemari kanan-kiri

    *apa lagi ya?????

    • 1. HID 300 rebu? Ballast-nya dari apaan tuh? Terigu?
      2. Nah ini….kalo karena desakan jalanan sehari-hari (ancur lebur) ya wajar pakai jari-jari…lha Enkei + Gigadisk dituker Ride-IT?
      3. Ngajak berantem yang model gini, mending LED, kalo bohlam?
      4. Liat spion aja pas kalo ngaca
      5. Kasian muka orang, lagipula camber-nya jadi kacau…
      6. Pasang rice-cooker paling efisien ya dibelakang, bukan kiri-kanan….sekalian taro stiker Pizza Hut ato McD Layanan Antar😀

  5. TDF

    sepaham modif itu mesti punya tema

  6. hmmm….pemikiran yang masuk akal, modif sesuai dengan fungsinya

  7. enth

    modifikasi dengan beli asesoris bolt on ? kalo menurut “the horse – bacstreet chopper” motor kayak gini malah dijuluki garbage wagon, gak peduli berapa mahalnya harga asesorisnya. modif itu ya bikin, bukan beli

    • Ya relatif sih, kalau resource, skill & memang mau, kenapa gak buat sendiri? Cuman, berhubung kebanyakan bikers baik yang masih cupu sampai yang udah nempuh jutaan km, yang namanya parts-parts motor ya untuk beberapa tipe memang mesti beli

      Riset, kekuatan, pemilihan bahan, tingkat kerapihan & faktor keamanan…yang kayak gini-gini yang mesti dipikir sebelum bikin barang sendiri

      Aye sih mending pasang hardtop Mooncraft daripada bikin sendiri, biarpun kerjaan aye bikin bodykit & parts-parts eksterior, lha konstruksi S2000 aja kagak ngarti, bikin sendiri malah kacau entar:mrgreen:

      • enth

        itu bukan menurut saya bro, tapi menurut majalah “the horse”. disana ada rubrik namanya ‘the looser’ untuk menampung motor2 modifan bold on. kalo part yang berhubungan dengan safety sama performa (rem, karbu, dll) ya memang harus beli, tapi kalo yang untuk keindahan mereka haram beli. sekali lagi itu menurut mereka, bukan menurut saya lho mas. motorku aja malah nggak dimodif blas

        • Namanya juga builder chopper, rata-rata kan memang mereka membangun motor dari 10% (mesin doang), sisanya ya buat sendiri

          Lha yang jadi masalahnya, motor chopper itu kan jarang yang lulus inspeksi layak pakai, paling-paling yang lulus ya yang sudah produksi massal macam OCC, RSD atau Arlen Ness…

          Aye juga lebih demen liat yang custom total gitu kok dibanding bolt-on, soalnya spesifikasi-nya bener-bener pas dengan motor – mobil….kalo bolt-on mah asal ada duit & selera juga jadi:mrgreen:

  8. Dismas

    Yang penting kalo motor modifnya dipakai harian, tetep nyaman, tidak mengganggu bikers lain dan tidak melanggar peraturan… Begitu mas bro ?➡

  9. modifikasi paling keren itu ganti mainjet jauh jauh kejogja, tp yg di modif gk keliatan, AHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

  10. Shogun FD dan FL yg diatas itu bikin enek ubahannya, sumpah

    gak keliatan karisma “Sang Jenderal”nya

  11. BAN KREMPENG, wkwkwkw, mau NGONTEL kang?wkwkw, MODIFIKASI buka sekerdar DEKORASI

  12. avto

    modif itu cari mesin cbr 400 disiksa dipaksa masuk ke rangka cb 100 trus buat harian heheheh

    mangstab gak brur

  13. estricipolepel

    met siang gan, pencerdasan otomotip yg frontal..wkwkw, gan, naek SP dilereng lawu tuw? tw-sarangan? bener ndak ya? cmiiw

  14. Dismas

    Wow, artikel udah setahun lebih. Tapi ane malah sering bolak – balik ke sini, hehehe.
    http://dizmaz.wordpress.com/2012/05/22/ngayal-dikit-prediksi-motogp-musim-2013-1/

  15. Anna

    hahahahaha. . asik nih postingan. ada motor tapi gak dimodif apapun standar abis. yg modif malah mobil, pakenya semi hellaflush, karena gak ceper (ceper gak fungsional buat harian kecuali kalo lo mau kebut2an sama angin). emang bener, susah emang buat yakin sama kemampuan taste diri sendiri. sukanya kalo ada gambar bagus ttg mobil/motor pengennya diikutin padahal parts yg mereka2 pasang jg belum tentu bener sama alirannya. buat gue modif urusan taste dgn konsep yg tepat, gak asal semua2 parts yg lg booming dipasang. gw aja kadang susah buat nge-rem diri sendiri biar gak beli ini-itu, cuman setelah dipikir tenang baik2, tau kalo itu parts gak bagus dimobil mending gak usah dibeli.

    kalo apapun parts dipasang dikendaraan, baik yg sesuai aliran/ gak, kesannya kayak liat ababil lagi nyoba modifin kendaraannya. apaaa aja dipasang😀😀😀
    kayak gak ada rem, gila2an modifnya. itu kendaraan jadi cheerful bgt dimata gue.
    biasanya sih gue senyum2 aja liatin yg begituan. haha😀
    cuman bukan berarti gue yg paling bener dalam modifikasi, gue sekedar sharing agar dunia modif mau motor/ mobil lebih maju.

    modif itu tentang taste yg berkonsep bukan tentang banyaknya parts booming yg dipasang. ini menurut gue.

    just share, sori kalo kepanjangan😀

  16. kl gw vixion old spek modif :
    1.kaki2 + stoplamp + knalpot new vixion,
    2.fairing + stang segitiga + sayap belakang + sein spion new ninja RR,
    3.footstep nui,
    4.speedo koso RX1N
    5.filter udara ferrox
    6.papas jok

    Kebanyakan dikerjain sendiri dari segitiga, ngurut kabel, ngecat, bikin breket ( ukur + ketok sendiri di tukang las tetangga trus tinggal dikasih ke empunya buat di las )

    Memang dari awal beli vixion niatnya disarungin, jatuh ke vixion salah satu karena reabilitas (kecuali lahat komstir :D) sama ketersediaan sparepart dan dealernya.

    IMHO bro, coba bagian background opacitynya diturunin dikit. biar ga terlalu saat baca komen

  17. kebanyakan pakai parts oem karena lbh percaya sama durabilitas parts oem, dari sananya sudah diriset abis-abisan

    • Benar sekali mas, memang lebih menenangkan menggunakan parts yang terjamin, terasa lebih balance & siap untuk riding maksimal…

      …Soal background, memang niatnya itu mas, biar annoying😀

Komentar? Caci-Maki? Curhat? Iklan? Titip Link? Tulis Aje!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: