Motor Matic Itu Juga Motor…

Yamaha Mio Soul Merah Jogja
Tidak ada cerita yang tak bermakna, sekalipun itu lawakan atau khayalan. Every story has meaning or it’s not a story. Bagaimana jika saya mengangkat kisah seseorang yang dekat dengan saya pada anda, pembaca SRT. Ceritanya tidak bombastis & epik, namun (semoga) bisa membumbui pikiran kita semua. Happy reading!

“Uhm…Gue seorang mahasiswi, 24 tahun. Cukup itu aja deskripsinya ya. Oke, jujur aja : Gue dulu gak suka naek motor. Kenapa? Karena gak bisa & takut! Udah ngendaliinnya susah, setangnya ribet, dijalan juga berserakan tuh motor segala rupa. Dan gue dah ngeliat banyak kecelakaan yang ngelibatin motor & orang lain. Membuat mindset gue dulu mikir :

“NAEK MOTOR DI JALAN RAYA INDONESIA ITU BAHAYA BANGET!”

Yamaha Nouvo Lele Biru Jogja
…Tapi pikiran gue ganti saat muncul motor matic. Bukan Kymco yang bannya kecil-kecil ato Piaggio apa itu namanya, yang mahal tapi bannya segede Kymco juga. Tapi Yamaha Nouvo! Bentuknya mirip bebek, tapi gak usah ganti gigi. Ngeremnya di tangan. Makenya gampang. Wow! Gue penasaran, sumpah :pƗƗɐƗƗɐƗƗɐ!“̮

Waktu SMA, banyak temen gue yang dulunya fans (kepaksa) angkot, sekarang pada pake motor berkat adanya matic. Hemat waktu dari ngetem angkot yang ngajak gelut, bisa ngider kemana-mana, dan ada bagasinya. Also, nearly all matic had cute looking. Ilang udah mindset “Naik motor itu bahaya!” Ganti jadi : Naik motor itu keren & asik!

Alhasil, dulu (mungkin sampai sekarang ya? #Tezza) di SMA gue dah ganti idiom “Transportasi Cewek Keren“. Dah gak jaman dianterin pake motor ato mobil sekalipun. Basi! Enakan bawa motor sendiri. Mungkin keliatannya ngirit waktu & duit, tapi kalo kata Tessa mah : “Simbol Independensi Wanita Indonesia”, karena bebas & mudah buat berpindah tempat. Halah, ribet deh pikiran tuh cewek (¬˛¬)

Yamaha Mio Merah Jogja
Matic itu keren, unik, simpel & mudah. Eh, malah jadi banyak yang pake, gak cowok gak cewek. Guru gue ada kali 8 orang ganti motor jadi pake matic. Gak tau tuh alesannya, mungkin karena lagi ngetren & mudah dipake? Yah…Wajar aja sih, di Jepang aja yang pake skuter matic aja gak pandang jenis kelamin kan?

Gue juga saat kelas 2 SMA, akhirnya dibeliin matic ama ortu. Yamaha Mio warna merah, velg krom & spion antik. Joknya juga dibikin antik & pake boks buat bawa alat latihan ekskul musik (Dulu gue ikutan drum band). Ah tapi entar aja ceritanya, entar lu pada bosen lagi (」 ̄^ ̄)

Yamaha Mio Putih Jogja
“Indonesia ❤ Matic. Matic ♥ Indonesia”

“Itu yang gue liat, meski bukan pemerhati dunia otomotif. Ya liat aja deh, hampir semua merk bikin matic. Dari yang bannya segede Mio & mirip wujudnya, ampe yang gede-gede kayak Skywave. Mana makin kenceng lagi rider yang pakenya. Ngebut & geber-geberan kayak naek RX-King aja…”

“Ujung-ujungnya? Banyak yang cilaka, jatoh, nabrak. Gue udah ngeliat & ngalaminnya. Padahal dikira naik matic itu aman, safety riding gitu-gitu deh…Kan motor matic tuh gak sekenceng Ninja ato Tiger. Apa salah gue & para pengguna motor matic lainnya yang dapet musibah?”

“Yah…Ini balik lagi pada “Kenapa gue milih naik motor matic”. Mudah dipakai. Tapi juga bikin sebagian dari kita NGEREMEHIN. Dulu gue mikir jalan raya Indonesia itu berbahaya, tapi setelah pake matic, malah mikir kalo kita aman-aman aja. Rupanya kondisinya gak berubah, tetap buas & bisa bikin kita celaka.”

Honda Beat Putih Jogja
“Gue sempet nyombong saat ditanya ama temen “Eh Nis, dah jadi anak motor lu euy, Biker!” Mestinya gue gak berhak jawab “Iya, gue biker!” Enggak, gue gak pantes. Biker itu seseorang yang sangat paham & bisa ngendaliin motornya, sekalipun dalam kondisi riskan kayak ujan ato jalan penuh pasir.

Lah gue & pengguna matic lain? Tau arti rambu jalan aja kagak, SIM aja nembak, beraninya di lurus doang. Masuk kondisi dimana motor kagak stabil? Kalo kagak jatuh, brenti. Trus bisa nyelakain orang lain. Dulu gue takut karena jalan Indonesia itu bahaya, sekarang GUE BISA JADI PIHAK YANG MEMBAHAYAKAN ORANG LAIN. Ngeri ih!

Yamaha Mio J Hitam Jogja
“Tapi gimana dong? Gue dah kadung cinta ama motor matic & gaya hidupnya! Akhirnya gue belajar ama temen-temen klub gue, yang biar cewek, tapi pada jago & pro naik matic-nya. Lalu baca literatur & bacaan internet kayak blog ini (nyenengin yang punya nih Tess!). Lalu banyak praktek ama latian. SIM juga akhirnya bikin lagi, biar jadi “ujian resmi” gue.

“Hasilnya? Sekarang meski tetep gak sejago temen gue, tapi setidaknya gue TAHU GIMANA CARANYA NGENDALIIN MOTOR MATIC. Gimana karakternya, ngatur kalo masuk tikungan, kecepatan tinggi, jalan rusak & licin. Gue jujur masih ngerasa blom safety, tapi gue bersyukur berkat ilmu-ilmu itu, resiko gue sebagai “bahaya” di jalan raya setidaknya ngurang, entah bagi diri sendiri ato orang lain, meski kudu tetap latihan & gak besar kepala, karena kecelakaan bisa dateng kapan aja”

Yamaha Mio Soul Hitam Jogja
Yah, itulah kisah seorang teman yang sadar bahwa “Motor matic juga motor“. Maksudnya? Ya sama besar resikonya, sama-sama tidak mudah namun bukan berarti mustahil untuk dikendalikan, dan sama-sama membutuhkan kemampuan untuk menyertainya. Never underestimate the power of automatic bike. They can be a fast machine, also hiding a huge danger beneath their small bodies…

Ingat, sekalipun banyak yang menggembar-gemborkan tagline “Safety Riding“, jalanan Indonesia & dibelahan dunia manapun tidak akan pernah aman. TIDAK AKAN. Mau kencang atau lambat, jalanan akan selalu buas & menerkam pelintasnya yang tidak bisa mengendalikan dirinya & mesin yang dikendarai.

Bus Aspada Biru Jogja
So, learn how to ride properly, keep studying from everything (learn how to ride at dirt also a good knowledge!). And remember, don’t underestimate everyone & everything, even yourself.

Jika tidak mau & masih berpikir kalo matic itu motor paling simpel & aman? Saya sarankan lebih baik kembali memakai kendaraan umum atau diantar orang lain. Dibanding menjadi bahaya bagi diri sendiri & orang lain? Good night!

About Tarmac Tezza

25% Femme Fatale. 25% Cry Baby. 25% 7-years old Girl. 25% 21-years old Woman. Mixed without compromise.

92 responses to “Motor Matic Itu Juga Motor…

  1. gw pikir rencana mau bikin mio sybian.

    • Sasis rigid
      Suspensi belakang Maxton setelan klik full
      Suspensi depan matiin
      Jok super tipis tapi ujung tengah kasih dikit tonjolan
      Mesin full torsi
      Pakai celana bahan

      Coba turing Bandung – Jakarta

      Triple orgasmic /. hour

  2. Pengen ganti metik rey, udah bosen nunduk nunduk sama si item :mrgreen:

  3. jadi inget ada matik cina qingqi vivamas yg 50 cc disenggol mobil langsung ‘akrobat’ :D

  4. rider biasa

    Saya tau blog ini dari fb nya si derry… Dan saya seneng baca artikel2 yg dipublish ama blog ini… Blog anti mainstream. Penulis bebas menulis apa yg ada dibenaknya… Dan ga ada artikel2 spyshot yg menguntungkan pabrikan…
    Keep up the good work bro…

  5. hmmmm…baru baik motor yaa…hmmmm….yang penting bisa bedakan safety riding sama fashion riding yaaa….gas pol gampang, rem pol yang paling susah….

    • Yup…

      Kalo kata Soul94rage mah :

      “Riding is a passion, not a fashion. No matter how ugly ur ride is, when u ride it right, you’re a rider. In other hand, no matter how cool your ride is, if you couldn’t ride it properly, you’re a poser. as simple as that. “

      • rider biasa

        Om bahas mengenai strategic body positioning, dan how to ride any kind of bike properly dong…. Yg udah2 blog mainstream bahasnya topspeed melulu…. Kaya mau kemana aja ngandelin topspeed…

        • Hehehe…

          Well, sebenarnya aye mau nulis soal hal terdasar dari mengendari motor : Controlling

          Yang simpel aja : Gymkhana & slalom

          Kalo yang berat-berat aye masih ngerasa stupid buat ngasih tahu, tapi aye punya beberapa literatur untuk diangkat…Hope it can benefit for everyone termasuk aye

          Iya nih, topspeed mulu…Padahal asiknya motor itu akselerasi & feel the G hihihi :lol:

      • “Riding is a passion, not a fashion. No matter how ugly ur ride is, when u ride it right, you’re a rider. In other hand, no matter how cool your ride is, if you couldn’t ride it properly, you’re a poser. as simple as that. “ hahaha…mantab nih….merenung dulu ah, kira2 ane masuk kategory mana nih…:hammers

  6. rider biasa

    Nah iya om, bahas mengenai controlling, throtling dll. Agaknya banyak riders yg bisa ngegas, tapi ga bisa ngerem atau belok…
    Giliran ada org yg naik motornya menggunakan teknik. Dibilangnya sok2an atau pembalap jalanan….
    Haduuh2 nohope..

    • yah, munkin persepsi sama cara pandang orang kan beda2 om CMIIW :D

      • Tapi sebenarnya bener kata mas “Rider biasa”

        Naik motor itu sama seperti berlari.

        Sebelum bisa berlari, harus tahu teknik berlari dulu kan?

        You can run without technic, because it’s the basic natural act for human. Tapi apakah dapat berlari dengan benar?

        Teknik itu penting, the most essential malahan…

        Dan dengan teknik benar, selambat apapun kita, itu pasti jauh lebih cepat dibandingkan yang asal ngegas aja, dan..well, itu masih dianggap “racing” kalo kata awam hahahaha….

        • yup, itulah, munkin persepsi orang awam sering menganggap teknik hanya untuk yang mau balapan, bukan lebih ke safety hehehe…padahal intinya belajar teknik naik motor lebih untuk safety di jalan raya CMIIW :o

          masih banyak orang yang beranggapan lebih keren naik motor kenceng, pake kaos oblong, celana komprang, sendal jepit dan ngga pake helm di keramaian lalu lintas hahahaha……

          • That’s called : Suicide. :twisted:

            Terlihat lebih menawan bundir pake baygon dibanding crashing with motorcycles…kasian motornya

            • rider biasa

              Nah pandangan yang seperti itu yg kadang bikin kita ga nyaman ama pendapat org2….
              “Lu bawa motor ngapain kaya gitu?? Emang mau jd pembalap?? Lu kenapa sih cara ngeremnya kaya gitu?? Kaya pembalap aja??”
              *bahkan yg ngmg kaya gini sahabat ane sendiri.
              Ane udah kasih tau ke dia.
              Boss yang namanya naik motor itu ada teknik nya, ada tahapan2nya… Gw sendiri belum puas ama kemampuan yang gw punya skrg..
              Maka dari itu gw belajar terus dijalan..
              Nambah jam terbang dijalan dan terus mempelajari how to control my bike properly…

              Ane tekankan ke kawan ane. Lu jangan ngeremehin sepeda motor. Ini alat yang bisa membunuh lu dalam sekejap…

              Teknis itu harus teta dipelajar dan dilatih…

              Dan safety itu ga berarti “bawa motor dengan kecepatan rendah”

              • Hell yeah…Setuju abis Mas “Rider Biasa”

                Sebenarnya jalanan ini, kalo kata bini aye ; Suicide Circus

                Terlihat menyenangkan, fun abis, asik. But it can kill you, anytime, anywhere, anyhow.

                Itulah mengapa badut, pawang & pemain atraksi gak pernah GAK LATIHAN. Sekalipun itu remeh, atau yang sangat sulit sekalipun.

                It’s dangerous thing, and just for big boys.

                Kalau mau ikutan main, well, please know the rule & risk.

                Kalo dah bisa? Jangan sok ngejago

                Kalo dah paham? Keep practicing.

                Kalo dah master? Ajarin ane dong hahaha….

                Safety itu kalo kata orang Indonesia : “Alon alon waton kelakon”

                Sayang dilakukannya dengan eksekusi yang gak sesuai…hadeeehh….

                Lambat tapi full of risk? Bitch please…

            • skalorman

              sama2 mati konyol, tapi lebih murah meriah pake baygon hehehehe…:D

  7. Dismas

    Kalo buat orang yang tingginya 180cm, pantesnya pake matic pa’an ya rey ? :roll:
    http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/11/modifikasi-honda-revo-100cc/

  8. didot

    menurut ogut metik lebih bahaya daripada bebek, terutama buat turunan. Paling aman -buat motor- ya motor kopling, soalnya kita yang ngendaliin motor, bukan motor yang ngendaliin kita :D

    *sambil ngiler ke gambar vespa 150 S*

  9. ibrahim Nouvo (@ibrahimNouvo)

    bang ibra pake Nouvo Z bray …. enjoy & ajiiiib

  10. dumsky

    mau seenak apapun matic,mau senyaman apapun matic,tetep…klo sayah mo bli motor,matic udh bkn pilihan,minimal bebek laah.

    lbh doyan motor persneling manual,enak ngontrolnya

  11. hahaaha
    i like your panning foto bray

    btw “NAEK MOTOR DI JALAN RAYA INDONESIA ITU BAHAYA BANGET!”
    setuju, udah 3 temen smp ane yang “ketemu TUHAN” pas naik motor.
    bahkan sepengetahuan saya,
    beberapa temen cewek jelas2 dilarang bawa motor sama orang tuanya (walaupun dirumahnya ada banyak motor hehe). Dan bahkan ada temen cowok yang dilarang pake motor sama orang tuanya.

    matic = simple dan aman?
    ah sama aja. Lebih aman, berdoa minta selamat sebelum riding
    maaf komen kepanjangan hehehe

  12. ini baru blogger.. bahan diskusinya menarik mendidik.. komentarnya pun demikian :)

  13. eh, tapi iya kok.. sekarang gua udah nyaman naik tiger, tapi begitu pinjem metik atau bebek kok kayak kagok gitu ya.. terutama di kecepatan pelan, setang kaya gak stabil gitu.. apa mungkin karena jarak jok ke setang yg terlalu deket atau dll???

    • That’s the comfortable stance….

      Setiap orang pasti berbeda, mungkin karena spesfikasi tubuh, kebiasaan & keinginan.

      Itulah kenapa aye aneh ama pemikiran orang kalo : Manual itu ribet

      Padahal total control justru the most coolest thing in the world. Kita lebih bebas! :)

  14. Yudakuzuma

    bah matic mudah…..?? dari motor yang sering ane naikin cuma dia satu2nya motor yang gak ada brake engine. kalaupun ada juga tetap aja nggak kerasa. setelah nggak digas doi pasti berjalan layaknya motor ditarik koplingnya, meluncurrrr….. :neutral:

  15. bangsatria

    demen bgt sm artikel model ginian gan. banyak bgt pesan moral yg brguna. walopun gak begitu produktif sih. di tunggu artikel lainnya gan….

  16. gasfuel

    matic itu simple,, apalgi buat nerobos kemacetan

    foto2nya bagus tuh,, yg jepret boleh juga

    • Yeah…Nah, karena memang dibuat sebagai urban-mover, mestinya banyak pemilik matic sadar : Berlatih express controlling yang gesit, Gymkhana, dengan modifikasi yang mendukung, bukannya malah menutupi :)

      Hehehe, yah…pening juga belajar Panning dijalan pakai kamera Pocket :)

      • gasfuel

        setuju bro,, saya sendiri sedikit kagok waktu pertama make metic,
        ban depan terasa sangat liar waktu bermanuver,,, ini saya siasati dg menempatkan posisi kaki agak kedepan,,biar pusat gravitasi tidak dominan dibelakang,,karena ga mungkin dijalanan pake gaya nunduk2 sperti ngedrag di sirkuit :D
        dan juga harus merubah tehnik pengereman karena minim engine brake, rem depan dan belakang harus seimbang, kalau salah satu rem depan ato belakang terlalu dominan maka akan terasa limbung, terutama metic yg deknya rata dan pake sok tunggal.
        mungkin semua metic harusnya pake fitur CBS seperti yg ada di matic honda,,

        kamera pocket itu seperti motor matic juga “simple” tapi kalau bisa memaksimalkan hasilnya juga boleh tuh,,
        saya sendiri masih pake kamera pocket jadul resolusi 8mpix yg selalu menemani kemana mana,,dan masih blum pengen beli SLR, paling kalau mau shoot sesuatu yg membutuhkan opsi khusus ya minjem SLR temen :D
        lumayan juga karena sering minjem saya jadi banyak mengerti karakter berbgai merek kamera

        • Itulah Bang “Gasfuel”…Banyak rider motor matic yang belum “menyelami” akan “How to ride matic”

          Riding stance, karakter, temparemen…Matic itu jauh berbeda dengan motor lain.

          Bener banget, karena mayoritas titik berat matic itu berada dibelakang akibat posisi mesin & transmisi, jadi kita mesti condong ketengah agar titik beratnya merata, dan karena (mayoritas sebagian tipe) bobotnya yang relatif ringan, jadi sangat sensitif akan posisi riding kita :D

          CBS? Wah…Saya liat Vario CBS dijalan aja dikit…padahal itu asik banget, cocok dengan karakter matik yang ngeremnya mesti progresif & sinkron depan belakang…eh malah dijalan kebanyakan cuman pake rem belakang aja :(

          Hehehe…Saya juga maksimalin yang ada dulu aja, kamera pocket aja dah gak abis-abis diulik, apalagi SLR…Tapi ya mantep juga jadi “rentalers”, dengan tahu banyak kamera, kita pas giliran beli, dah jago buat milih & nyocokin :)

          Makasih ya Bang “Gasfuel” akan komennya :)

  17. Salam Kenal Ya Untuk Semuanya.. :)

  18. blackbluesatria

    entah kenapa dari pengalaman minjem motor2 matic temen, sampe sekarang belom dapet feel nya…hehehe

  19. fotonya bagus Rey, btw memang bener, safety riding itu lebih ke arah utopia, kita ati2 gimana juga tetep aja jalanan itu buas. Jadi ya bener yang lu katain, strategic and performance riding.

  20. Saya juga pake matic, waktu pertama2 pake ya agak kagok juga, ya karena belum terbiasa, lha wong biasa pake ninja. Setelah beberapa bulan pake matic mulai deh terbiasa dan merasa nyaman. Matic sangat cocok untuk kegiatan harian jarak dekat.

    • Saya juga awal-awal bingung sama matic…Gimana makenya ya?

      Tapi setelah diulik & terbiasa, sensasinya boleh juga…Badan lebih rileks, kaki lebih santai, tangan lebih nyaman, jadi bisa lebih fokus buat throttling & main kaki :lol:

  21. Hi bikers!

    Let me introduce myself, I’m a management student from The Netherlands who loves bikes and currently owns a Ducati Monster 696.

    As a part of my academic path, I am working on a research project on motorcycles in Indonesia. Particularly I would like to understand what kind of people own motorcycles in Indonesia.

    For this purpose, I am kindly asking the users in this forum to complete a five-minutes online survey. It’s going to be very easy and it would mean a great help to me and my work.

    So if you live in Indonesia and you own one or more motorcycles, please, click on the link below and answer the questions.

    http://kwiksurveys.com?s=MCODNG_2ff14147

    And ride safely ;)

    Talitha S.

  22. setuju banget… matik tetaplah motor yg dikendalikan manusia…
    yg penting bagaimana cara kita membawa motor..

  23. Doniee

    HUmmm… sekilas naek metik cuman gas pol rem pol,, namun betul om Reyhan,, tempramen gak beres, bakal bejek gas terus,,

    pengalaman naek mio,, beuhh,,, berasa anehh,, saat high speed kaya gak menyatu dengan mongtor,, hehe,,

    masih seru naek Kebo,, ehh SHogun Kebo dink,, hihihihihi,,

    Salam Kenal juragann,, from mburi Jogjatronikk :D

  24. GMC

    Bro untuk menjalin silaturahmi antar sesama, salam kenal dari Gombong Motor Community (GMC). untuk lebih lengkapnya kunjungi web kami di http://www.gombongmotorcommunity.com
    kalau boleh kita tukaran link
    Trim’s

  25. Paling setuju sama komennya rider biasa di atas. Btw doi siapa ya? Pernah nyemprot saya juga di blog lain, gini tulisannya “makanya yud kerja, supaya bisa beli motor yang lo inginin.” Wuasem, kebuka kedok saya sebagai pengangguran :D

    Saya juga pernah alami hal itu “naik motor ngapain sih begitu, nikung ampe miring2, kaya mau jadi pembalap aja!” bokap sendiri itu yang bilang, juga beberapa anggota keluarga lain. Tapi ya perkataan itu selalu saya balas dengan senyuman saja :)

  26. satria155

    sumpah. artikelnya keren banget.
    two thumbs up.

    nanti suruh istri saya baca ah..biar ga cuek kalo lagi naek matik nya :D

    salam kenal,
    satria155

    http://satria155.co.cc/the-story-of-blackpearl-satria-fu-165cclari-setara-ninja250cc

    http://satria155.co.cc/celoteh-ngasal-si-rider-satria-fu-the-goodthe-badand-the-ugly

  27. btw fotone bagus baguus boss.. ajari caranya bikin begituan.. haha

Komentar? Caci-Maki? Curhat? Iklan? Titip Link? Tulis Aje!

